EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA SD KELAS 4 DI SDN REJOWINANGUN SELATAN 4 KOTA MAGELANG

Authors

  • Novita Ramadanti Universitas Negeri Semarang
  • Sindi Adela Putri Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak:

Pelaksanaan pembelajaran daring di Sekolah Dasar masih mengalami banyak kendala. Banyak hal-hal yang harus dibenahi agar pembelajaran tetap terlaksana dengan baik walaupun dengan daring. Tujuan penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan evaluasi pembelajaran daring pada siswa SD kelas 4 di SDN Rejowinangun Selatan 4 Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengisian angket secara daring. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan reaksi siswa terhadap pembelajaran daring adalah siswa merasa bosan. Proses pembelajaran daring lebih sering dilakukan dengan menggunakan aplikasi whatsapp. Hasil belajar siswa saat pembelajaran daring mengalami penurunan dibandingkan dengan hasil belajar siswa saat pembelajaran luring. Dampak dari pembelajaran daring adalah motivasi belajar dan konsentrasi siswa menurun.

Kata Kunci : pembelajaran daring, siswa sd, pembelajaran luring

Downloads

Published

2020-12-28