GERAKAN LITERASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER DI SD

Authors

  • Mutiara Jihan Pratiwi Universitas Negeri Semarang
  • Sri Widayanti Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak:

Banyaknya permasalahan yang berkaitan dengan merosotnya karakter anak bangsa perlu segera diatasi. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang mempunyai peran penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkarakter. Salah satu cara untuk menerapkan pendidikan karakter di sekolah dasar yaitu melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Bagaimana proses gerakan literasi atau GLS ini merupakan program yang bertujuan untuk menumbuhkan budi pekerti siswa melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah.Teknik GLS di sekolah dasar dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Ketiga tahap tersebut mempunyai tujuan, kegiatan, pengelolaan lingkungan literat serta peran yang berbeda dalam menumbuhkan karakter siswa. Kegiatan membaca sangat diperlukan dalam kehidupan, karena pengetahuan diperoleh melalui membaca. Minat membaca masyarakat Indonesia, khususnya siswa SD masih tergolong rendah. metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder Oleh karenanya perlu adanya pembiasaan untuk literasi minimal 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Dengan adanya pembiasaan literasi secara tidak langsung akan dapat menanamkan kecintaan siswa terhadap membaca. Budaya literasi sudah di aplikasikan di dunia pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca siswa dan sebagai upaya penanaman pendidikan karakter.Dengan demikian upaya pengembangan karakter melalui proses gerakan literasi dapat tercapai dengan baik melalui teknik GLS di sekolah dasar.

Kata kunci : Gerakan Literasi, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Downloads

Published

2020-12-28