MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR 1 BARONGAN MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Authors

  • Hana Andriana Universitas Negeri Semarang
  • Diana Setiyaningsih Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak:

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman karakter serta kendala-kendala penanaman karakter dalam program kegiatan literasi sekolah pada siswa SD 1 Barongan Kudus. Literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Jadi pengertian literasi tidak hanya sebatas melek huruf yaitu bisa menulis dan membaca. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadikan literasi sebagai sub tema kegiatan literasi yang diselenggarakan di 34 provinsi seluruh Indonesia. Artikel ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang berkaitan dengan merosotnya karakter peserta didik. Program kegiatan literasi sekolah ini merupakan Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti melalui kegiatan literasi sekolah. Mendikbud mempunyai pesan agar watak atau karakter anak-anak dapat dibentuk dari sekarang. Salah satunya adalah dengan mengupayakan agar anak-anak rajin membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitiannya meliputi kepala sekolah, guru-guru, petugas perpustakaan serta siswa-siswa di SD 1 Barongan Kudus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data melalui tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter dalam program kegiatan literasi sekolah di SD 1 Barongan Kudus ialah penanaman nilai karakter disiplin, kreatif, tanggung jawab, dan gemar membaca. Serta masih terdapatnya kendala-kendala pelaksanaan penanaman karakter dalam program kerakan literasi sekolah diantaranya. Kebiasaan siswa yang kurang disiplin terhadap waktu, kemampuan berfikir kreatif peserta didik yang berbeda-beda, dan kurangnya rasa tanggung jawab siswa terhadap pengumpulan tugas, kurangnya waktu yang tersedia untuk membaca di sekolah dan kurangnya ketersediaan buku bacaan disekolah.

Kata Kunci: kegiatan literasi, nilai karakter, penanaman karakter

Downloads

Published

2020-12-28