PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENGELOLAAN KELAS YANG KREATIF

Authors

  • Annisa Yusrotul Farikhah Universitas Negeri Semarang
  • Era Maulida Amalia Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak:

Penelitan ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemahaman guru tentang pendidikan karakter di SDN 1 Bakalan Krapyak Kudus, 2) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karaktermelalui pengelolaan kelas yang kreatif di SDN 1 Bakalan Krapyak, 3) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui pengelolaan kelas yang dinamis di SDN 1 Bakalan Krapyak, 4) Mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam implementasi pendidikan karakter melalui pengelolaan kelas yang kreatif di SDN 1 Bakalan Krapyak, 5) Mendeskripsikan solusi dalam penanaman nilai-nilai karakter melalui pengelolaan kelas yang kratif di SDN 1 Bakalan Krapyak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative Research) dengan desain penelitian studi kasus. Informan penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pengelolaan kelas yang dinamis seperti mengadakan analisis sosial, pengaturan posisi tempat duduk, mengatasi masalah kedisiplinan, memanfaatkan perpustakaan, dan mengefektifkan papan tulis dapat membentuk nilai-nilai karakter religius, disiplin, bersahabat, gemar membaca, peduli lingkungan, mandiri, dan rasa ingin tahu peserta didik. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui pengelolaan kelas yang dinamis dapat membentuk nilai-nilai karakter peserta didik kelas rendah di SDN 1 Bakalan Krapyak tahun ajaran 2020/2021.

Kata kunci : Pendidikan karakter, penerapan, kreatif

Downloads

Published

2020-12-28