IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI SEBAGAI WUJUD PENANAMAN NILAI KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kurnia Muthi’ Nuriyah Universitas Negeri Semarang
  • Chandra Anggyeta Pramesti Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstak:

Mengingat minimnya literasi baca di Indonesia, terkhusus bagi peserta didik di sekolah dasar. Kegiatan literasi sangat penting sebagai upaya untuk menumbuhkan budaya literasi peserta didik sehingga mengasah keahlian membaca dan memahami isi bacaan. Di sinilah peran penting bagi guru maupun orang tua untuk dapat membiasakan kegiatan literasi peserta didik. Budaya literasi mengintegrasikan upaya penanaman karakter pada diri peserta didik. Penanaman nilai karakter melalui kegiatan literasi membutuhkan proses yang cukup lama agar dapat membudaya.  Sehingga penanaman nilai-nilai karakter perlu diterapkan pada diri masing-masing peserta didik melalui kegiatan literasi. Oleh sebab itu, kami susun artikel Implementasi Kegiatan Literasi sebagai Wujud Penanaman Nilai Karakter bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan Penanaman Nilai Karakter 2) Mendiskripsikan Implemetasi Kegiatan Literasi bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif  deskriptif dengan pendekatan kajian kelompok kecil melalui kegiatan wawancara. Melalui Implementasi Kegiatan Literasi sebagai Wujud Penanaman Nilai Karakter bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar diharapkan dapat mewujudkan budaya gemar membaca yang didalamnya tersirat juga upaya penanaman nilai karakter.

Kata kunci: budaya literasi, penanaman karakter, sekolah dasar

Downloads

Published

2020-12-28