PELAKSANAAAN BUDAYA KEGIATAN LITERASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD
Abstract
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter gemar membaca melalui program literasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles & Huberman. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, penjaga perpustakaan sebagai pengelola literasi, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter gemar membaca melalui program literasi dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Pembiasaan tersebut dilakukan dengan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan membangun sekolah yang kaya literasi. Pengembangan yang dilakukan membaca 15 menit yang disertai dengan tagihan non akademik dan meningkatkan kemampuan literasi dengan berbagai jenis membaca. Tahap pembelajaran dalam membaca disertai dengan tagihan akademik dan proses pembelajaran yang berbasis literasi sesuai dengan kurikulum 2013.
Kata kunci : pendidikan karakter, gemar membaca, program literasi.