CERITA JOKO TINGKIR UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI KELAS 3 SD NEGERI MASARAN 5

Authors

  • Ika Aprilia Andriyasih Universitas Negeri Semarang
  • Nur Dewi Hidayah Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak:

Cerita rakyat perlu dilestarikan dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosional bangsa khususnya siswa Sekolah Dasar sebagai generasi penerus bangsa. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan budaya literasi dengan mengangkat cerita Jaka Tingkir  dalam pendidikan karakter di SD Negeri Masaran 5. Hasil pengkajian terhadap pemakaian cerita rakyat terhadap siswa kelas 3 SD Negeri Masaran 5 menunjukkan cerita rakyat memberikan konstribusi dalam pendidikan karakter anak sekolah dasar. Hal itu ditunjukkan dari isi cerita rakyat yang mendidik sikap  saleh, bijak, dan mau menebus suatu kesalahan dengan perbuatan yang baik. Sikap tersebut dapat berkontribusi dalam pembentukan sikap perjuangan yang tinggi pada peserta didik yang membacanya. Banyubiru memberikan kontribusi dalam pembentukan sikap saleh dan bijak. Joko Tingkir memberikan konstribusi dalam pembentukan sikap mau menebus kesalahan dengan perbuatan yang baik. Pengajaran cerita rakyat tidak saja bermanfaat untuk meneruskan nilai moral tetapi juga melestarikan cerita itu sebagai warisan budaya bangsa.

Kata Kunci: cerita rakyat, Jaka Tingkir, pendidikan karakter.

Downloads

Published

2020-12-28