GERAKAN LITERASI GEMAR MEMBACA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SD NEGERI 3 KURIPAN PURWODADI

Authors

  • Fachry Nur Rochman Universitas Negeri Semarang
  • Asmaniarsih Asmaniarsih Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak :

Sebagai upaya membentuk karakter positif bagi siswa didik, SD Negeri 3 Kuripan menggalakkan program Gerakan Literasi Sekolah. Salah satu strateginya adalah melalui pembiasaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca siswa kelas tinggi di SD Negeri 3 Kuripan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus tunggal untuk pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil temuan penelitian yaitu implementasi gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca siswa kelas tinggi di SD NegeriĀ  3 Kuripan sudah dilaksanakan dengan menggunakan metode 15 menit membaca. Membaca 15 menit atau reading time bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi membaca, danĀ  menulis siswa di sekolah. Disamping itu, untuk mewujudkan pembentukan karakter positif siswa, tidak cukup hanya dengan pembiasaan membaca saja. Di SD Negeri 3 Kuripan berfokus pada membaca dengan tujuan menanamkan karakter gemar membaca pada siswa kelas tinggi. Melalui implementasi gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter gemar membaca yang optimal, serta memotivasi dan memberikan semangat untuk siswa dalam membaca akan menciptakan karakter gemar membaca siswa yang baik dan membentuk kecintaan siswa terhadap membaca.

Kata kunci: Literasi, karakter, gemar membaca

Downloads

Published

2020-12-28