MERANCANG ASESMENT PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DALAM MASA PANDEMI
Abstract
Abstrak:
Pembelajaran daring dimulai sejak munculnya kasus penyebaran covid 19 mulai menyebar dibeberapa daerah di Indonesia ,hal ini salah satu upaya dalam mencegah meningkatnya kasus penularan virus corona dalam klaster Pendidikan,dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif pembelajaran daring yang efektif dalam masa pandemic menggunakan model deskriptif kuantitatif yakni analisis , design, pengembangan dan implementasi. Dalam perancangan penilaian pembelajaran dimasa daring sudah tergolong efektif dalam masa pandemic ini karena teknologi sudah bisa dijangkau oleh Sebagian besar orang. Asesmen atau biasa juga sering disebut dengan penilaian, dalam konteks belajar merupakan suatu proses dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Bentuk dari assessment pada masa daring adalah tes daring.portofolio,penilaian diri dengan menggunakan media google classroom danĀ google form. Aspek yang dinilai dalam penilaian pembelajaran daring adalah aspek pengetahuan ,aspek sikap,dan aspek keterampilan.
Kata Kunci : daring, efektif, pandemi