KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERKOMUNIKASI DALAM PRAKTIKUM SISTEM PERNAPASAN BERBASIS PROYEK MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Laititia Laititia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Akhmad Faizin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Muhammad Hafid Mustofa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dyna Ade Rawan Saputri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Abstrak:   Berpikir kreatif diartikan sebagai suatu kegiatan mental yang digunakan seseorang untuk membangun ide atau gagasan baru. Komunikasi dikenal sebagai interaksi yang berlangsung pada wilayah yang berbeda, hal ini mengalihkan paradigma komunikasi tradisional yang mengharuskan adanya pertemuan langsung. Praktikum merupakan bentuk latihan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dasar, seperti menggunakan alat, mengukur, dan mengamati. Project Based Learning ialah proses pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa untuk menghasilkan suatu proyek. Menguji atau menilai hasil proyek perlu dilakukan untuk evaluasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi mahasiswa dalam praktikum sistem pernapasan. Metode penelitian ini adalah ekspositori dengan melihat data primer sehingga tidak terlibat dalam proses. Pengumpulan data dilakukan melalui penilaian dari laporan akhir dengan menggunakan lembar penelitian laporan, dan nilai produk alat peraga melalui nilai laporan yang terkait praktikum alat peraga pernafasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) komponen kemampuan berpikir kreatif lebih tinggi dalam penulisan laporan praktikum sistem pernapasan denagn presentase mencapai 85%. (2) komponen kemampuan berkomunikasi lebih rendah dalam pembuatan powerpoint mengenai praktikum system pernapasan denagn presentase mencapai 81%. (3) tidak terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berkomunikasi mahasiswa menggunakan metode ekspositori.

Kata Kunci: berpikir kreatif, ekspositori, komunikasi, praktikum ipa, project based learning.

 

Abstract :   Creative thinking is defined as a mental activity that someone uses to build new ideas or ideas. Communication is known as interaction that takes place in different areas, this shifts the traditional communication paradigm which requires direct meetings. Practicum is a form of training that aims to develop basic skills, such as using tools, measuring, and observing. Project Based Learning is a learning process that directly involves students to produce a project. Test or assess the results of the project needs to be done for student evaluation. This study aims to look at the ability of creative thinking and communication of students in practicing the respiratory system. This research method is expository by looking at primary data so it is not involved in the process. Data collection is done through the evaluation of the final report using the report research sheet, and the value of the teaching aid product through the report value related to the breathing props practicum. The results showed that: 1) the components of creative thinking ability were higher in writing the respiratory system practicum report with a percentage reaching 85%. (2) the component of communication skills is lower in making powerpoints concerning respiratory system practicum with a percentage reaching 81%. (3) there is no significant difference in the ability to think creatively and the communication ability of students using the expository method

Keywords: creative thinking, expository, communication, practical science, project based learning

Downloads

Published

2020-08-06

Issue

Section

Articles