KONSEP PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Abstrak: Kemampuan dapat dibentuk melalui pengalaman nyata yang diperoleh oleh seoranag guru dalam menyampaikan konten atau pada proses pembelajaran merupakan konsep Pedagogical Content Knowledge (PCK). Pengalaman yang terbentuk menjadi sebuah proses mengkontruksi pemahaman pengetahuan yang guru miliki untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa. Pembelajaran matematika dengan konsep ini mampu menciptakan kesan nyata oleh siswa atas penyampain yang diberikan. Era New Normal menghendaki pendidik mengkontruks kemampuan pemahaman matematikanya pada pembelajaran matematika. Pada masa ini pembelajaran tidak dapat dilakukan sebagaimana mestinya di sekolah melainkan diharuskan pembelajaran di rumah bagi zona atau wilayah yang terdampak covid-19. Pembelajaran PCK yang diintegrasikan dengan media pembelajaran yang digunakan oleh masing-masing lembaga pendidikan pada era New Normal menjadi kesan yang baik karena transfer pengetahuan yang nyata dari guru melalui media yang digunakan.
Kata kunci : pedagogical content knowledge (pck), new normal, pembelajaran matematika.
Abstract: The ability to be formed through real experience gained by a teacher in delivering content or in the learning process is a concept of Pedagogical Content Knowledge (PCK). The experience formed is a process of constructing the understanding of knowledge that the teacher has to transfer knowledge to students. Learning mathematics with this concept is able to create a real impression by students on the given delivery. The New Normal Era requires educators to construct their mathematical understanding abilities in mathematics learning. At this time learning cannot be done as it should at school but learning is required at home for zones or areas affected by co-19. PCK learning integrated with learning media used by each educational institution in the New Normal era was a good impression because of the transfer of real knowledge from the teacher through the media used.
Keywords: pedagogical content knowledge (PCK), new normal, mathematics learning