PERAN IBU DALAM MENGEMBANGKAN EMPATI PADA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rohita Rohita Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar
  • Razahra Asdi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan peran ibu dalam mengembangkan empati anak selama pandemi Covid-19. Subjek penelitian adalah ibu yang memiliki anak berusia 4-6 tahun sebanyak lima orang yang berlokasi di Perumahan Wisma Jaya Duren Jaya, Bekasi Timur. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menanamkan sikap empati di masa pandemic covid-19 pada anak dengan beragam cara seperti mengajak anak bercerita sambil berdiskusi tentang hal-hal yang dapat menimbulkan empati, memberikan pemahaman dan menjelaskan kepada mereka bahwa masih banyak orang yang tidak mampu sehingga anak diajarkan berbagi. Empati juga dikembangkan melalui beragam cara yaitu mengajak anak menonton berita bencana yang dilanjutkan dengan mengajak anak berdiskusi tentang bencana tersebut, serta melibatkan anak untuk merapikan pekerjaan rumah seperti mengajak anak untuk merapikan mainan, serta merapikan baju. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kelima subjek sudah melaksanakan perannya dalam mengembangkan empati pada anak dengan melakukan berbagai macam cara, memberikan berbagai aktivitas di rumah, memberikan reward dan meniadakan hukuman, serta menilai munculnya kemampuan empati pada anak, sehingga memahami apa yang harus dilakukan selanjutkan kepada anak yang belum  memiliki empati.

Kata Kunci: Peran Ibu, Empati, Anak Usia 4-6 Tahun, covid-19

 

 

Abstract: This research was conducted with the aim of describing the role of mothers in developing children's empathy during the Covid-19 pandemic. The subjects were five mothers with 4-6 years old children located in Wisma Jaya Duren Jaya Housing, East Bekasi. Determination of research subjects using purposive sampling techniques. Data collection was carried out using a questionnaire in the form of a google form. The data analysis technique used is descriptive analysis. The results showed that parents instill empathy in the pandemic in children in various ways such as inviting children to tell stories while discussing things that can lead to empathy, provide understanding and explain to them that there are still many people who are unable to so that children are taught to share. Empathy is also developed through a variety of ways, namely inviting children to watch news of disasters, followed by inviting children to discuss about the disaster, and involving children to tidy up homework such as inviting children to tidy up toys, and tidy up clothes. The conclusion of this study is that the five subjects have carried out their role in developing empathy in children by carrying out various ways, providing various activities at home, giving rewards and eliminating punishment, and assessing the emergence of empathy in children, so understanding what should be done next to children who don't have empathy yet.

Keyword: Mother’s role, Empathy, Children 4-6 Years, Covid-19

Downloads

Published

2020-08-06

Issue

Section

Articles