HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN EJAAN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT SISWA KELAS IV SDN PENGGUNG I
Abstract
Abstrak: Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana siswa menggunakan ejaan dalam pembelajaran menulis terutama menulis surat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan ejaan siswa, mengetahui keterampilan menulis surat siswa, dan mengetahui hubungan antara penggunaan ejaan dengan keterampilan menulis surat siswa kelas IV SDN Penggung I Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon Tahun Ajaran 2018/ 2019. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 42 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Variabel yang dikaji yaitu penggunaan ejaan dan keterampilan menulis surat. Instrumen yang digunakan untuk variabel penggunaan ejaan dan keterampilan menulis surat yaitu tes. Hasil analisis deskriptif menunjukan penggunaan ejaan siswa berada pada kategori baik, yaitu sebesar 45% dan keterampilan menulis surat siswa berada pada kategori sangat baik, yaitu sebesar 75%. Hasil analisis statistik menggunakan teknik korelasi dengan bantuan program SPSS 16.0 for window diperoleh nilai rhitung sebesar 0,837. Sementara itu, harga rtabel dengan N = 20 pada taraf signifikansi 5%, yaitu sebesar 0,444. Dari hasil tersebut terlihat nilai rhitung> rtabel. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan ejaan dengan keterampilan menulis surat siswa kelas IV SDN Penggung I Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon Tahun Ajaran 2018/ 2019.
Kata Kunci: penggunaan ejaan, keterampilan menulis surat, siswa SD
Abstract: The problem raised in this research is how use spelling in rtiting learning, especially writing letter. This study aim to find out the spelling use of student, find out the student letter writing skill, and find out the relationship the use of spelling and the letter writing skill for grade IV student of Penggung I Elementary School Harjamukti District Cirebon City 2018/ 2019 Academy Year.This researchis a correlation research. Teh population of this research are 42 students. Sampling using purposive sampling technique. The variabel researched are the use of spelling and letter writing skill. The instrument used for the variable use of spelling and letter writing skill is a test.Descriptive analysis result show the student spelling use is in the good category, which is 45% and teh student letter writing skill ar in the very good category, which is 75%. The result of statistical analysis using product moment correction technique obtained rcount value of 0,837. Meanwhile, the price of rtable with N = 20 at a significance level of 5%, which is equal o 0,444. From this result, it can be seen that the value of rcount> rtable. This show that there is a positive and significant relationship the use of spellling and letter writing skill for grade IV student of Penggung I Elementary School Harjamukti District Cirebon City 2018/ 2019 Academy Year.
Keyword: spelling use, letter writing skill, elementary school