ANALISIS PENGETAHUAN AWAL MATERI TERMODINAMIKA DAN MEKANIKA TERAPAN DENGAN MENTIMETER SERTA ANGKET PADA PEMBELAJARAN ONLINE

Authors

  • Lusiani Lusiani Program Studi Teknika, Akademi Maritim Nusantara

Abstract

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini menganalisis pengetahuan awal materi termodinamika dan mekanika terapan dengan mentimeter serta angket pada pembelajaran online. Metode penelitian yakni survei serta kajian literature. Tempat penelitian di Program Studi Teknika Akademi Maritim Nusantara Cilacap. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulan April 2020 dengan populasi sejumlah 47 taruna Teknika, pengambilan sampel secara random sampling sejumlah 37 taruna Teknika pada mata kuliah Termodinamika dan 34 taruna Teknika pada mata kuliah Mekanika Terapan. Analisis perbandingan media mentimeter dan angket dijabarkan secara kuantitatif dengan deskripsi gambar dan grafik kedua media. Simpulan pada penelitian ini yakni analisis pengetahuan awal materi termodinamika dan mekanika terapan dengan mentimeter serta angket pada pembelajaran online secara garis besar diperoleh pengetahuan awal materi termodinamika baik yaitu terlihat pada kata panas, hal tersebut digambarkan pada analisis kedua media, namun pengetahuan awal materi mekanika terapan terlihat cukup baik jika diukur menggunakan mentimeter yaitu terlihat pada kata kapal, akan lebih baik jika diukur menggunakan angket dengan selisih persentase 0,98% yaitu pada kata gerak (15,69%) sedangkan pada kata kapal (14,71%). Secara menyeluruh taruna teknika pada materi termodinamika dan mekanika terapan dengan mentimeter serta angket pada pembelajaran online memiliki pengetahuan awal yang baik (cukup). Hal ini dapat digunakan sebagai tahap awal dalam menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakan pendidik kepada peserta didik.

Kata kunci           : Pembelajaran Online, Pengetahuan Awal, Mekanika terapan, Termodinamika

 

 

Abstract: The purpose of this study was to analyze the initial knowledge of thermodynamic and applied mechanics material with a mentimeter and questionnaire on online learning. The research methods are surveys and literature studies. Place of research in the Maritime Academic Engineering Program at the Cilacap Archipelago. The time of the research was conducted in April 2020 with a population of 47 Technological cadets, random sampling of 37 Technological cadets in the Thermodynamics course and 34 Engineering cadets in the Applied Mechanics course. A comparative analysis of the mentimeter and questionnaire media is described quantitatively with descriptions of pictures and graphics of the two media. The conclusion of this research is the initial knowledge analysis of thermodynamic material and applied mechanics with a mentimeter and questionnaire in online learning in general. The initial knowledge of thermodynamic material is good, that is seen in hot words, it is illustrated in the analysis of both media, but the initial knowledge of applied mechanics material is seen good enough if measured using a mentimeter that is seen on the word ship, it would be better if measured using a questionnaire with a difference of 0,98% ie on the word motion (15,69%) while on the word ship (14,71%). As a whole the cadets of technology on thermodynamics and applied mechanics with mentimeters and questionnaires on online learning have good initial knowledge (sufficient). This can be used as an initial step in determining the learning strategies that educators will use to students.

Keywords: Online Learning, Preliminary Knowledge, Applied Mechanics, Thermodynamics

Downloads

Published

2020-08-06

Issue

Section

Articles