BUDAYA SEKOLAH: UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI MASA NEW NORMAL
Abstract
Abstrak: Pada masa New Normal menghadapi wabah COVID 19, siswa tidak dapat belajar di sekolah sebagaimana mestinya. Banyak kegiatan sekolah yang tidak dapat dilaksanakan secara optimal sehingga pihak sekolah harus mencari cara yang tepat agar tujuan pembelajaran serta program sekolah yang sudah dirancang dapat tercapai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Salah satu kegiatan sekolah yang juga terdampak pelaksanaannya adalah Budaya Sekolah. Budaya sekolah merupakan suatu kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh siswa setiap hari. Budaya sekolah diimplementasikan sebagai upaya untuk meningkatkan serta mengembangkan karakter siswa di sekolah. Karakter merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya karakter, siswa tidak akan menjalani kehidupan dengan baik. Oleh sebab itu, sekolah harus memiliki cara yang tepat untuk tetap mengimplementasikan budaya sekolah meskipun kegiatan pembelajaran di sekolah masih belum berjalan seperti semula. Salah satu caranya adalah melakukan kerjasama dengan orang tua dengan menerapkan pembiasaan dalam budaya sekolah di rumah. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mendekripsikan penerapan budaya sekolah di masa new normal dalam rangka untuk meningkatkan karakter siswa. Penerapan budaya sekolah ini tidak hanya dilakukan di sekolah secara tatap muka, namun dapat pula dilakukan di rumah dengan dimonitoring dan dievaluasi oleh guru melalui daring.
Kata kunci : Budaya Sekolah, Karakter, New Normal, COVID 19
Abstract: During the New Normal period facing the COVID 19 pandemic students could not study at school as they should. Many school activities cannot be carried out optimally so the school must find the right way so that the learning objectives and school programs that have been designed can be achieved by the specified time. One of the school activities that also affected the implementation is School Culture. School culture is a habituation activity that is carried out by students every day. School culture is implemented as an effort to improve and develop student character at school. Character is something that is needed by students in everyday life. Without character, students will not live life well. Therefore, schools must have the right way to continue implementing school culture even though learning activities in schools are still not running as before. One way is to collaborate with parents by implementing habituation in school culture at home. The purpose of writing this article is to describe the application of school culture in new normal times to improve student character. The application of school culture is not only done in school face-to-face but can also be done at home by being monitored and evaluated by teachers online.
Keywords: School culture, Character, New Normal, COVID 19