PEMANFAATAN MEDIA TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA TERHADAP PELAKU UMKM

Authors

  • Rifqi Hidayat FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Mohamad Sofyan Anami Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsikap.v1i2.5329

Abstract

Media sosial telah membawa perubahan bagi peradaban manusia dalam cara berinteraksi, berbagi, dan berpromosi. Banyak platform media sosial yang ada Tiktok menjadi salah satu platform media terbesar dengan jumlah pengguna di Indonesia per April 2023 sudah mencapai 113 juta pengguna, dengan banyaknya pengguna aktif maka menjadi tempat promosi yang menarik dan signifikan bagi para penjual dalam mencakup pasar yang lebih luas lagi dengan berbagai konten vidio yang kreatif dan relevan. Maka dari itu pada kegiatan pengabdian ini memanfaatkan media sosial yaitu Tiktok sebagai salah satu media promosi usaha UMKM tahu balap di Desa Sembawa.

Keywords:

Tiktok, Media Promosi, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rifqi Hidayat, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Cirebon

References

Arya, S. M., Pratama, I. A., Iqbal, I., Siddik, R., & M. Wahid, R. (2022). STRATEGI VIRAL DI TikTok: PANDUAN PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 13(1), 59–67. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v13i1.1742

Leni Anggriani, N., & Hamali Yusuf, A. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada Pt Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. Journal of Management, 3(Juni), 14

Nidaul Khasanah, F., Herlawati, Samsiana, S., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., Irwan Raharja, Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.255

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK

DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21– 34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483

Pramezwary, A., Juliana, J., Winata, J., Tanesha, R., & Armando, T. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Perspektif, 19(1), 24–31. https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9376

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOKPriatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Il. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.712

Downloads

Published

2024-01-22