OPTIMASI PROMOSI DAN PENGEMBANGAN POTENSI WISATA DESA PINARA MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS WEB

OPTIMIZATION OF PROMOTION AND DEVELOPMENT OF PINARA VILLAGE TOURISM POTENTIAL THROUGH WEB-BASED INFORMATION TECHNOLOGY

Authors

  • Norma Bastian Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Fajar Ghifari Nugroho Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Lafadz Dhiwa Singgih Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Dengan menggunakan teknologi informasi berbasis web, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi, menganalisis, dan merancang strategi promosi dan pengembangan potensi wisata Desa Pinara. Desa Pinara adalah tempat wisata yang kaya akan keindahan alam dan budaya, tetapi ada beberapa masalah untuk membuatnya menarik lebih banyak pengunjung.

Studi pendahuluan, pengumpulan data awal melalui wawancara, analisis data, pengembangan strategi, penerapan, dan evaluasi adalah metode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi promosi wisata desa berbasis web meningkatkan partisipasi masyarakat lokal, jumlah kunjungan wisatawan, dan pendapatan desa.

Penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi informasi berbasis web dapat menjadi alat yang efektif untuk mengoptimalkan promosi dan pengembangan potensi destinasi wisata desa. Destinasi wisata serupa dapat menggunakan strategi yang dikembangkan ini sebagai panduan untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan dalam meningkatkan pariwisata, ekonomi lokal, dan pelestarian budaya.

 

Keywords:

Web Profile Desa, Potensi Wisata, Optimasi Promosi, Desa Pinara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devi, L. Y., & Hidayati, W. (2021). Pembuatan Profil Desa Gerbosari. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 3(2), 445. https://doi.org/10.22146/jp2m.51195

Jijon R. Sagala, Penda Sudarto Hasugian, & Sulindawaty. (2022). Penerapan Sistem Informasi Profil Desa Berbasis Web Di Desa Situnggaling. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 2(2), 91–96.

Sucipto, A., Jupriyadi, J., Nurkholis, A., Budiman, A., Pasha, D., Firmansyah, G., & Sangha, Z. K. (2022). Penerapan Sistem Informasi Profil Berbasis Web Di Desa Bandarsari. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 29. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1512

Downloads

Published

2024-01-20