ANALISIS TEMUAN-TEMUAN PENELITIAN TERKINI TENTANG PEMBELAJARAN PKN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Penulis

Kata Kunci:

PKN, Pendidikan Karakter, Karakter Anak

Abstrak

Krisis karakter di kalangan peserta didik usia sekolah dasar menjadi isu mendesak dalam dunia pendidikan Indonesia. Kasus kekerasan antarsiswa menjadi refleksi lemahnya penanaman nilai moral, toleransi, dan empati sejak dini. Artikel ini bertujuan menganalisis temuan-temuan penelitian terkini terkait pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan kontribusinya terhadap pembentukan karakter anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dengan teknik sintesis tematik terhadap sepuluh artikel jurnal nasional terakreditasi yang terbit antara tahun 2018 hingga 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran PKn memberikan kontribusi nyata dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, gotong royong, kejujuran, toleransi, cinta tanah air, keberanian moral, dan spiritualitas. Metode pembelajaran yang paling dominan adalah pembiasaan, diskusi nilai, role playing, pendekatan berbasis proyek, serta integrasi kearifan lokal. Keberhasilan penanaman nilai-nilai tersebut sangat dipengaruhi oleh pendekatan pedagogis guru, penggunaan metode kontekstual, serta suasana kelas yang mendukung internalisasi nilai. Simpulan dari studi ini memperkuat peran strategis PKn sebagai sarana efektif dalam pembentukan karakter anak di sekolah dasar dan menekankan pentingnya pembelajaran yang aktif, reflektif, dan relevan dengan lingkungan hidup siswa.

Diterbitkan

2025-08-15