MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN DEEP LEARNING: TELAAH KONSEPTUAL DAN IMPLIKASI DI ERA ABAD 21
Keywords:
Pendidikan Karakter, Deep Learning, Pembelajaran Abad 21Abstract
Pendidikan karakter merupakan pilar utama dalam membentuk generasi bangsa yang tidak hanya cerdas dalam aspek akademik, tetapi juga memiliki keunggulan dalam aspek moralitas, etika, dan keterampian sosial. Di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, dunia pendidikan di indonesia dituntut untuk melakukan transformasi mendalam khususnya dalam pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Deep Learning hadir sebagai sebuah pendekatan inovatif yang tidak hanya mendorong pemahaman kognitif yang mendalam tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam proses belajar mengajar. Siswa sekolah dasar sebagai generasi muda yang sedang berada dalam tahap perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik sangat membutuhkan pendekatan pembelajaran yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap proses belajarnya. Salah satu pendekatan yang efektif dalam pembelajaran di sekolah dasar adalah model pendekatan Deep Learning atau pembelajaran mendalam. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep akademik, tetapi juga menumbuhkan nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, kemandirian, toleransi, kerja sama, dan rasa ingin tahu. Artikel ini bertujuan untuk menelaah konsep Deep Learning atau pembelajaran mendalam serta implementasinya dalam membangun karakter siswa sekolah dasar di abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan mengkaji berbagai literatur dan hasil penelitian terbaru yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan Deep Learning mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran melalui strategi seperti pembelajaran berbasis proyek, refleksi mendalam, diskusi kolaboratif, dan penyelesaian masalah yang nyata. Oleh karena itu, artikel ini merekomendasikan integrasi pendekatan Deep Learning secara sistematis dalam kurikulum sekolah dasar sebagai strategi efektif untuk mewujudkan generasi emas indonesia yang cerdas, inovatif, dan berkarakter kuat dalam menghadapi tantangan abad 21.