Studi Kepustakaan: Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
الكلمات المفتاحية:
Pendidikan Karakter، Pembelajaran IPS، Pendekatan Kontekstual، Nilai-nilai Pancasilaالملخص
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat sekolah dasar dapat membentuk karakter siswa. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti jurnal terakreditasi, prosiding, dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS sangat penting. Pendekatan seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan pendekatan kontekstual dapat membantu mengembangkan karakter siswa serta memberikan keterampilan yang diperlukan di era abad ke-21. Guru juga memegang peran penting sebagai contoh yang bisa membantu siswa menghayati dan menerapkan nilai-nilai karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Namun, upaya memperkuat pendidikan karakter melalui mata pelajaran IPS menghadapi beberapa masalah. Beberapa tantangan yang muncul adalah ketidaktahuan guru tentang materi yang diajarkan, kurangnya pelatihan profesi, rendahnya dukungan dari orang tua, dan dampak negatif dari perkembangan teknologi digital. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, diperlukan peningkatan kualifikasi dan kemampuan guru, pengembangan kurikulum yang mencakup nilai-nilai lokal maupun global, serta kerja sama yang lebih baik antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.