PENDAMPINGAN OPTIMALISASI KOMUNIKASI DAN PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK KUALITAS PRIMA DI KANTOR KELURAHAN KEJAKSAN KOTA CIREBON

Authors

  • Doni Sandria Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Ida Ri’aeni Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Dea Angkasa Putri Supardi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32534/swa.v3i02.2393

Abstract

Kelurahan merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan pembangunan nasional karena kelurahan memiliki peranan yang signifikan dalam implementasi berbagai program, mulai dari program-program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Kelurahan juga merupakan ujung tombak pelayanan publik pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan publik yang berkualitas prima tentunya menjadi harapan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Komunikasi dalam sistem administrasi publik memiliki peranan yang signifikan dalam administrasi publik, terutama dalam implementasi kebijakan publik. Maka, kami tergerak untuk turut serta dalam proses optimalisasi komunikasi dan pelayanan administrasi publik kualitas prima di Kelurahan Kejaksan Kota Cirebon. Untuk itu, kami menggunakan pendekatan pendampingan yang terbagi dalam tiga tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.

Kata Kunci: Komunikasi, Pelayanan Publik, Kualitas Prima.

Published

2022-08-22

How to Cite

Sandria, D., Ri’aeni, I., & Putri Supardi, D. A. (2022). PENDAMPINGAN OPTIMALISASI KOMUNIKASI DAN PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK KUALITAS PRIMA DI KANTOR KELURAHAN KEJAKSAN KOTA CIREBON. Swadaya: Indonesian Journal of Community Empowerment, 3(02). https://doi.org/10.32534/swa.v3i02.2393