PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM PADA ERA INDUSTRI 4.0

Authors

  • Ayu Fitriani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Faisal Adriyat Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nur Komalasari Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nurandi Nurandi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nur Khasanah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Yayu Ani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Mohammad Taufik Aziz Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/swa.v3i02.2377

Abstract

Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas UMKM dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya khususnya pada era Industri 4.0.  Artikel industri bertujuan mengelaborasi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 telah membuat mayoritas sektor ekonomi terutama UMKM menjadi stagnan. Eksesnya mayoritas pelaku UMKM tidak bisa berkembang dan banyak yang berakhir pada kebangkrutan. Hal inilah yang membuat pelaku usaha UMKM mengubah strategi penjualan melalui skema digitalisasi. Skema digitalisasi yakni dengan memanfaatkan market place (perantara) dan menggunakan media sosial sebagai teknik pemasaran. Selain itu pelaku UMKM digital harus dapat bersinergi dengan warganet dalam pemasaran produk dan jasa. Dengan demikian skema pengembangan UMKM digital dapat menjadi salah satu alternatif menyelamatkan pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19. Artikel ini menggunakan metode pendampingan dengan mengelaborasi berbagai literatur akan pengembangan UMKM digital.

Kata Kunci: UMKM Digital, Warganet, Covid-19

Published

2022-08-22

How to Cite

Fitriani, A., Adriyat, F., Komalasari, N., Nurandi, N., Khasanah, N., Ani, Y., & Aziz, M. T. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM PADA ERA INDUSTRI 4.0. Swadaya: Indonesian Journal of Community Empowerment, 3(02). https://doi.org/10.32534/swa.v3i02.2377