UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN AKAN BAHAYA SAMPAH MELALUI SOSIALISASI PENDAMPINGAN PADA MASYARAKAT DI PANTAI SARWAJALA (Studi Kasus di Pantai Sarwajala Desa Bungko Lor, Kapetakan, Cirebon)

Authors

  • Masrobi Masrobi Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Umi Hanni Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Intan Valentina Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Widodo Casraji Putra Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Maulidiyanto Maulidiyanto Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/swa.v3i02.2376

Abstract

Sampah adalah segala sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan makhluk hidup. Menurut Djaguna dkk, sampah  laut  atau marine  debris  adalah  semua  material  berbentuk  padatan  yang  tidak dijumpai secara alami di wilayah perairan (lautan, pantai) dan dapat  memberikan  ancaman  secara  langsung  terhadap  kondisi  dan  produktivitas  wilayah  perairan. Salah satu masalah sampah laut dapat dijumpai di Pantai Sarwajal desa Bungko Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Melaui program kerja Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Muhammadiyah Cirebon, mahasiswa membersihkan sampah di Pantai Sarwajala dengan tujuan untuk membersihkan pantai dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan serta bahaya sampah. Metode yang dilakukan yaitu dengan memberdayakan masyarakat melalui sosialisasi mengenai  pentingnya  membersihkan  sampah,  praktek  langsung  dan  pendampingan. Program dilaksanakan  pada bulan  Agustus  2021.  Dampak dari  program ini  adalah :  Masyarakat sekitar sadar akan kebersihan pantai serta mengurangi sampah laut di Pantai Sarwajala.

Kata Kunci: Sampah Laut, KKM, Pantai Sarwajala, Bahaya Sampah

Published

2022-08-22

How to Cite

Masrobi, M., Hanni, U., Valentina, I., Putra, W. C., & Maulidiyanto, M. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN AKAN BAHAYA SAMPAH MELALUI SOSIALISASI PENDAMPINGAN PADA MASYARAKAT DI PANTAI SARWAJALA (Studi Kasus di Pantai Sarwajala Desa Bungko Lor, Kapetakan, Cirebon). Swadaya: Indonesian Journal of Community Empowerment, 3(02). https://doi.org/10.32534/swa.v3i02.2376