VIRTUAL TOUR DESA WISATA CIPASUNG BERBASIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI PROMOSI DIGITAL MARKETING WISATA
DOI:
https://doi.org/10.32534/swa.v3i02.2375Abstract
Seiring dengan perkembangan jaman dan aktivitas manusia yang padat setiap hari dan tingginya akan kebutuhan hidup, memaksa manusia untuk bekerja keras sehingga mengakibatkan tingkat stres yang tinggi. Berdasarkan faktor tersebut maka membuat kebutuhan akan rekreasi atau wisata semakin meningkat. Desa Wisata dapat jadikan sebagai salah satu daya tarik kepariwisataan yang berbasis potensi desa dengan segala keunikan. Virtual tour dapat dijadikan sebuah media yang bisa menghadirkan serta menghidupkan imajinasi bagi para penggunanya. Sehingga seolah-olah penggunanya mengalami serta merasakan keadaan yang sesungguhnya. Penelitian diarahkan untuk mengetahui perkembangan Desa Cipasung sebagai desa wisata berdasarkan virtual tour berbasis media sosial yang dilaksanakana selama 30 hari yang bertempat di Desa Cipasung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan dengan menggunakan metode partisipatory yang pola kerjanya menitikberatkan pada bagian-bagian dasar yang akan terbagi menjadi tiga tahapan dasar. Virtual tour merupakan sebuah simulasi dari sebuah lokasi yang terdiri dari rentetan gambar. Rentetan gambar tersebut akan digabungkan (stitch) untuk menghasilkan foto panorama 360 derajat. Virtual tour sendiri biasanya digunakan untuk memberi pengalaman pernah berada di suatu tempat hanya dengan melihat layar monitor. Hasil dari program kerja Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) adalah pembuatan website dan video virtual tour berbasis media sosial.
Kata Kunci : Virtual tour; Desa Wisata; Media sosial; Promosi; Digital marketing