https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/issue/feed SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi 2024-01-25T22:12:45+07:00 Annisa Rengganis sosfilkom@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Sosfilkom</strong> merupakan <strong>Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi</strong> yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal ini terbit berkala 2 kali setiap tahunnya, yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember. ISSN online&nbsp;2686-0368 dan ISSN Printed 2085-0182. Jurnal ini menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.</p> https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/4856 A PENGARUH NARSISME MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK 2023-12-28T11:47:18+07:00 Rizki Budhi Sahara rizki.budisahara@umc.ac.id Yusuf Sapari ysapari73@gmail.com Muhammad Kamaluddin M.Kamaluddin@umc.ac.id Monica Alfionita monica@gmail.com <p>Aplikasi TikTok digunakan oleh pengguna untuk mengunggah video diri mereka sendiri yang kemudian dibagikan kepada pengguna aplikasi TikTok lainnya. Aplikasi ini merupakan pemutar musik yang menggunakan teknologi <em>lip-sync</em> dan memiliki waktu putar maksimal 15 hingga 60 menit. Pada tahun 2018 aplikasi terbanyak yang diajukan untuk TikTok, berjumlah 45,8 juta. Ini termasuk aplikasi seperti <em>YouTube, Instagram, Whatsapp, Twitter, Facebook, </em>dan<em> Messenger</em>.</p> <p>Penelitian ini bertujuan menguji besaran pengaruh narsisme mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan aplikasi tiktok. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada 60 responden. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi (R2). Agar mendapatkan hasil yang tepat maka dilakukan dengan pengujian hipotesis (t). Uji t bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel narsisme (X) secara signifikan terhadap variabel kepuasan (Y).</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerima semua hipotesis yakni narsisme mahasiswa (X) berpengaruh signifikan secara linear terhadap kepuasan (Y). Jika X1 tidak dilakukan maka narsisme mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan aplikasi TikTok akan mengalami ketidakpuasan. Sebaliknya jika X1 dilakukan maka narsisme mahasiswa terhadap kepuasan menggunakan aplikasi TikTok akan mengalami kepuasan yang meningkat.</p> <p><strong>Kata Kunci: Narsisme, Mahasiswa, </strong><strong>Aplikasi TikTok, Kepuasan</strong></p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/4892 Peran Public Relations Dalam Penerapan Fungsi Corporate Communication PT. Kereta Api Daerah Operasional 3 Cirebon Untuk Pembentukan Citra Perusahaan 2023-12-21T15:04:26+07:00 Faisal Atthariq faisal.atthariq006@gmail.com Ida Ri'aeni idariaeni@umc.ac.id Ririn Risnawati - ririn.risnawati@umc.ac.id <p><em>The purpose of this study was to find out how the role of Public Relations in Public Relations activities and the application of the Corporate Communications Function to form the corporate image of PT. KAI Operational Area 3 Cirebon. The research method used is a qualitative descriptive study by conducting interviews with the company's internal parties, namely the Manager and Assistant Manager of the Public Relations Unit of PT. KAI DAOP 3 Cirebon and external parties, namely interns at the public relations unit of PT. KAI DAOP 3 Cirebon and prospective passengers, observation of activity data looking for news publications published in mass media on the internet which was confirmed by the Manager of the Public Relations Unit of PT. KAI DAOP 3 Cirebon, as well as observations in the form of documentation of news releases on PT. KAI DAOP 3 Cirebon.</em></p> <p><em>The results of the research show that the role of Public Relations is very important in enhancing the company's image. The role of Public Relations (PR) in Public Relations activities and the implementation of Corporate Communication is very important in forming a good corporate image. The Public Relations Unit is responsible for selecting communication media and implementing appropriate communications to convey company information. The Public Relations Manager provides advice and recommendations to companies in building good relations with employees. The Public Relations Unit helps facilitate communication between employees - corporate units, as well as companies and customers - the general public. The Public Relations Manager also assists companies in solving problems in an effective way so that problems can be resolved properly.</em></p> <ol> <li><em> KAI DAOP 3 Cirebon is considered to be well formed by PR from a series of activities carried out, and is considered to care about a positive work environment, provide optimal service to the use of rail services, and care for the public in general. Therefore, it can be concluded that the role of Public Relations in Public Relations activities and the implementation of Corporate Communication has been good in forming corporate image.</em></li> </ol> <p><strong><em>Keyword:</em></strong> <strong><em>The Role of Public Relations, Corporate Communications Functions, Corporate Image</em></strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran <em>Public Relations</em> dalam kegiatan <em>Public Relations</em> dan penerapan Fungsi <em>Corporate Communications</em> untuk membentuk citra perusahaan PT. KAI Daerah Operasional 3 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dengan pihak internal perusahaan yaitu Manager dan Asisten manager unit humas PT. KAI DAOP 3 Cirebon dan pihak eksternal yaitu pemagang di unit humas PT. KAI DAOP 3 Cirebon dan calon penumpang, observasi data kegiatan mencari publikasi berita yang dimuat pada media massa di internet yang terkonfirmasi oleh Manager Unit Humas PT. KAI DAOP 3 Cirebon, serta observasi berupa dokumentasi rilis berita kegitan <em>Public Relations</em> PT. KAI DAOP 3 Cirebon.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran <em>Public Relations</em> sangat penting dalam meningkatkan citra perusahaan. Peran <em>Public Relations</em> (PR) dalam kegiatan <em>Public Relations</em> dan penerapan <em>Corporate Communication</em> sangat penting dalam membentuk citra perusahaan yang baik. Unit Humas bertanggung jawab untuk memilih media komunikasi dan melaksanakan komunikasi yang tepat untuk menyampaikan informasi perusahaan. Manager Humas memberikan saran dan rekomendasi kepada perusahaan dalam membangun hubungan baik dengan karyawan. Unit Humas membantu memfasilitasi komunikasi antara karyawan - unit perusahaan, serta perusahaan dan pelanggan - masyarakat secara umum. Manager Humas juga membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang efektif agar masalah dapat diselesaikan dengan baik.</p> <p>Citra perusahaan PT. KAI DAOP 3 Cirebon dianggap terbentuk dengan baik oleh PR dari serangkaian kegiatan yang dilakukan, serta dianggap peduli pada lingkungan kerja yang positif, memberikan layanan yang optimal pada penggunaan jasa kereta api, dan peduli kepada publik secara umum. Oleh karena itu, peran <em>Public Relations</em> dalam kegiatan <em>Public Relations</em> dan penerapan <em>Corporate Communication</em> dapat disimpulkan sudah baik dalam membentuk citra perusahaan.</p> <p><strong>Kata Kunci: Peran <em>Public Relations</em>, Fungs</strong><strong>i</strong> <strong><em>Corporate Communciations</em></strong><strong>, Citra Perusahaan</strong></p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/3600 INTERPRETASI MORAL KEAGAMAAN DALAM FILM INDONESIA MIRACLE IN CELL NO 7 (ANALISA SEMANALISIS-INTERTEKTUALITAS JULIA KRISTEVA) 2023-01-04T20:04:33+07:00 endah iriani iriani endah.iriani26@gmail.com <p>Indonesia dijuluki negeri paling religius sekaligus tidak bermoral karena tidak sopan di internet. Hal tersebut membuktikan bahwa minimnya perilaku moral di masyarakat. Telah banyak kajian yang menunjukkan bahwa didalam film terdapat nilai positif dan pesan moral. Film merupakan proses menggabungkan suatu upaya untuk menyampaikan pesan menggunakan video, teknologi kamera, warna dan suara. Salah satu film yang menarik yaitu film yang berjudul Miracle in Cell no. 7. Tujuan penelitian ini yaitu menemukan nilai moral keagamaan dari dialog maupun alur cerita yang disajikan dengan menggunakan analisa semanalisis sampai intertektualitas Julia Kristeva dalam penerapannya terhadap pemaknaan teks dan historis dalam dialog maupun alur cerita. Hasil penelitian menunjukkan terdapat nilai moral dalam film Miracle in Cell no. 7 yaitu toleransi, bekerja sama, tolong-menolong, bekerja sama, keadilan, balas budi, dan bekerja keras.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/4948 KAJIAN TEORI KULTURAL DALAM KOMUNIKASI KRISIS : STUDI KASUS POLUSI UDARA KAWASAN JABODETABEK 2023-11-06T09:34:28+07:00 Alexandra Rianti Grandi Rahardjo grandialexandra98@gmail.com <p><em>The research aims to examine the phenomenon of air pollution in Jabodetabek area using cultural theory in the context of crisis communication. Air pollution is an implication of climate change which is categorized as a wicked problem because it has a broad impact on various aspects of life. Research is important because there are several cultural groups in the Jabodetabek pollution phenomenon. These various cultural groups have different perspectives regarding the urgency of air pollution. Air pollution needs to be viewed as a problem involving cultural clashes in a human system. This makes it difficult to produce an effective solution. Solutions that focus on only one group will only produce documents without execution. Thus, the government as a policy maker needs to produce a clumsy solution that can embrace all cultural groups. The research strategy is a case study and the analysis method used is a literature review. Research data is secondary data in the form of news that can be accessed freely on digital pages. The findings prove that several government policy products show that collaboration between the government, business actors and community groups can produce effective and applicable solutions. Measurably, the air quality in the Jabodetabek area is gradually improving. This research can contribute as a practical guide for policy makers in dealing with various other wicked problems.</em></p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/5232 PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENYULUH LAPANGAN KELUARAGA BERENCANA TERHADAP KESADARAN IBU HAMIL DAN PASCAMELAHIRKAN PADA PROGRAM KELUARGA BERENCANA 2023-12-28T11:59:39+07:00 Ahmad Yusron yusronahmad636@gmail.com Prayoga Ibrahim prayogaibrahim88@gmail.com <p>Indonesia menempati posisi keempat negara dengan jumlah penduduk yang banyak di dunia dengan jumlah penduduk 275,7 juta pada tahun 2022. Besarnya jumlah penduduk akan mendatangkan masalah kependudukan yakni ketimpangan antara pertumbuhan penduduk dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Mengantispasi hal tersebut Pemerintah Indonesia membuat program yakni Keluarga Berencana dan Petugas lapangan Keuarga Berencana (PLKB). PLKB memiliki tanggung jawab untuk menciptakan kesadaran masyarakat pada program keluarga berencana. Di anatara penedekatan PLKB dalam menciptakan kesadaran adalah dengan membangun komunikasi efektif. Atas hal tersbut dibuat rumusan penelitian yakni bagaimana pengaruh komunikasi efektitif PLKB terhadap kesadaran ibu hamil dan pasca melahirkan pada program keluarga berencana. Hasil penelitian, nilai rata-rata kemampuan komunikasi &nbsp;PLKB adalah 3,70 yang menunjukkan &nbsp;kemampuan yang baik. Nilai rata-rata variable kesdaran masyarakat adalah 4,03 yang menunjukkan bahwa kesadaran sasaran program Keluarga Berencana adalah baik. Hasil perhitungan regresi mendapati hasil nilai t hitung adalah 4.849 dan nilai tabel 1.69236. &nbsp;dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari nilai tabel yang berarti H<sub>o </sub>ditolak H<sub>1 </sub>diterima. Hal ini berarti, terdapat pengaruh antara kemampuan komunikasi PLKB terhadap kesadaran&nbsp; kelompok sasaran program Keluarga Berencana, dengan besaran nilai R Square yakni 0,416 atau nilai pengaruhnya sebesar 41,6%. yang berarti nilai pengaruhnya kecil.</p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/5233 A Systematic Literature Review: Hubungan Antara Etika dengan Psikologi dan Etika dengan Filsafat dalam Praktek Profesional 2023-12-21T10:49:29+07:00 Husna Munawar Sihono husnamunawars@gmail.com Willy Adimas Rahmawan adimaswilly2@gmail.com Lukman Dwi Rismanto drlukman345@gmail.com Eka Rosita Widya Sariningtyas arodyasanita@gmail.com Prof.Dr.Rini Sugiarti, M.Si, Psikolog riendoe@usm.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara etika dengan filsafat dan etika dengan psikologi dalam praktek profesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) dengan database yang didapat dari google scholar. Pada pengumpulan data artikel jurnal, peneliti menyertakan kriteria inklusi spesifik dengan jenis artikel penelitian dengan artikel yang telah terindeks sinta (S1-S4), terbitan artikel penelitian selama 10 tahun terakhir, dengan kata kunci etika, filsafat dan psikologi. Hasil analisis artikel yang telah dilakukan terdapat total 14 artikel penelitian yang terdiri dari hubungan antara etika dan filsafat serta hubungan antara etika dengan psikologi terhadap praktek profesional. Kesimpulan pada penelitian ini adalah hubungan antara etika dengan filsafat bermanfaat untuk mengatur perilaku dan membatasi individu untuk tidak keluar dari batasan yang diluar etika. Sedangkan hubungan etika dengan psikologi adalah sebagai makhluk sosial manusia perlu menerapkan ilmu psikologi supaya ketika melakukan praktek profesional tidak melanggar dari etika yang ada.</p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/5188 Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta 2023-12-18T21:55:01+07:00 Afifah Rismayanti afifahrismayanti14@gmail.com Afita Nurmalasari afitanurmalasari21@gmail.com Zahida Khairunnisa Fathin zhdakhairunnisa@gmail.com Naela Faza Fariha naela.f@mercubuana-yogya.ac.id <p>Efikasi diri berperan penting bagi mahasiswa untuk dapat menjalani kehidupan akademiknya dengan baik. Hal ini dikarenakan efikasi diri mampu mendorong mahasiswa untuk mencapai tujuan akademiknya serta membantu menghadapi kesulitan yang terjadi selama perkuliahan. Efikasi diri ini dapat terbentuk ataupun dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya komunikasi interpersonal. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap efikasi diri pada mahasiswa kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui Google Forms dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan kemudian diolah melalui program SPSS untuk dilakukan uji instrumental seperti uji validitas dan uji reliabilitas serta uji hipotesis berupa uji normalitas, uji liniearitas, dan uji regresi. Hasil dari pengujian ini dihasilkan data penelitian yang valid, reliabel, serta berdistribusi normal. Kemudian untuk nilai linearitas sig. pada deviation from linearity dihasilkan angka sebesar 0,131 &gt; 0,05 dan hasil uji regresi sederhana menghasilkan nilai koefisien sig. 0,001 &lt; 0,005 dengan r square sebesar 0,353. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa komunikasi interpersonal dan efikasi diri memliki hubungan atau liniearitas yang signifikan sehingga terdapat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap efikasi diri dimana besar pengaruhnya sebesar 35,3%.</p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/4398 Influencer Culture dan Pembentukan Masyarakat Konsumsi di Instagram @rachelvennya 2023-07-10T23:59:44+07:00 Raihan Jati Utomo raihanjatiutomo@gmail.com Rifma Ghulam Dzaljad rifmaghulam@uhamka.ac.id <p>Instagram menjadi media sosial yang populer dan digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat.<br>Namun penggunaan Instagram tidak hanya sebagai tempat untuk mengunggah foto dan video,<br>melainkan menjadi lahan bagi para influencer untuk berlomba-lomba mempromosikan gaya hidup dan<br>produk bisnis mereka. Hal ini yang dapat mendorong terbentuknya pola masyarakat konsumsi. Dalam<br>penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian<br>menunjukkan bahwasanya konten yang diunggah pada Instagram @rachelvennya mampu memberikan<br>stimulasi atau dorongan kepada pengikutnya, fenomena ini dapat terlihat dari komentar pada unggahan<br>pada akun @rachelvennya yang mengungkapkan keinginan untuk memiliki gaya hidup yang sama<br>dengan apa yang ditampilkan olehnya. Sikap ini menyebabkan munculnya cara pandang yang tidak<br>realistis audiens terhadap gaya hidup Rachel Vennya. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa influencer<br>dalam sudut pandang masyarakat konsumsi adalah seseorang yang menjadi panutan dalam menentukan<br>pilihan, sehingga setiap pesan yang disampaikan dapat dipercaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah<br>untuk melihat influencer culture dalam membentuk masyarakat konsumsi di Instagram @rachelvennya.</p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/4045 BRANDING PARTAI GERINDRA DI PLATFROM TWITTER DALAM MENGHADAPI PEMILU 2024 SEBAGAI SARANA PERUBAHAN POLITIK KONTEMPORER DI INDONESIA 2023-06-02T18:36:38+07:00 Nofuja Nurazizah 20105010024@student.uin-suka.ac.id Rizal Al Hamid rizal.alhamid@uin-suka.ac.id <p><strong>Changes in the world's political climate began to be felt as going hand in hand with the rapid growth of technological advancements. Communication as a means in lives as initial capital is included in political life in the contemporary era. The emergence of various platforms of social media is pointed as a sign of technological success in this contemporary era. Political discourses started to shift from what was then from mouth-to-mouth, now seem to turn into discourses from one account to another. Thereby changed the political strategy from face-to-face meeting, which also made the branding of political parties nowadays be done with more flexible manner via online network that is able to gain access across various social media platforms. However, a topic of discussion that currently has the most frequent critical approach in such a critical manner, while also political issues, can be found with utmost ease and gain public responses critically throughout one of the most popularly accessed, reaching more than billions of interaction in daily use, the social media platfrom with the name Twitter.</strong></p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi https://e-journal.umc.ac.id/index.php/SFK/article/view/5234 IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DESA JATISEENG KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON 2023-12-21T11:14:44+07:00 Aditiya Albar elalbaralmachzumi@gmail.com Muhamad Taufikurrohman taufikrahmanoman@gmail.com Rochmat Hidayat hidayatrochmat895@gmail.com <p>Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidak seimbangan sosial yang ada di masyarakat yang mengakibatkan adanya suatu perbedaan yang mencolok antara masyarakat satu dan masyarakat yang lain, maka pemerintah sedang berupaya melakukan penanggulangan kemiskinan. Tujuan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) salah satunya adalah untuk mengurangi beban pengeluaran kebutuhan pangan masyarakat serta memberikan nutrisi seimbang kepada keluarga penerima manfaat (KPM) secara tepat sasaran dan tepat waktu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Jatiseeng Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon.Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian yang digunakan untuk memahami fenomena yang terjadi pada subjek penelitian. Informan penelitian merupakan subjek yang paham informasi objek penelitian sebagai pelaku maupun orang lain yang memahami objek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. . Kemudian dianalisis sesuai data tentang implementasi kebijakan menurut Edward III yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi/petugas pelaksana, struktur birokrasi.</p> 2024-01-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat dan Komunikasi