PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP REMAJA PADA ERA DIGITALISASI
DOI:
https://doi.org/10.32534/jsfk.v18i2.6911Abstract
Saat ini dunia sudah memasuki era digitalisasi dimana hampir semua sektor sudah dilakukan dan dibantu dengan mesin serta teknologi yang sangat canggih. Salah satu teknologi yang saat ini sangat mudah diakses adalah media sosial. Media sosial juga tidak hanya ada satu jenis, melainkan banyak sekali dan itu dapat menjadi pilihan. Semua orang tanpa terkecuali dapat menggunakan media sosial termasuk remaja. Hampir semua remaja di seluruh dunia menggunakan media sosial untuk bertukar kabar dan mengunggah semua kegiatan mereka, sehingga terjadi interaksi dalam platform yang digunakan. Setelah diperhatikan hal itu bisa saja mempengaruhi bagaimana sikap remaja saat ini dan di kemudian hari. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial terhadap sikap remaja dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang juga menganalisisnya dengan jenis analisis deskriptif. Hasilnya membuktikan bahwa benar media sosial menjadi salah satu yang mempengaruhi bagaimana sikap remaja, baik itu positif maupun negatif.
Keywords:
Digitalisasi, Era digital, Media sosial, Remaja, SikapReferences
Ardan, F., & Kurniawati, S. D. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP MENGURANGI SAMPAH PADA FOLLOWERS AKUN TIKTOK @ PANDAWARAGROUP. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(4), 44–61. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/kultura.v2i4.1194.
Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches (Vol. 53, Issue 9). SAGE Publications, Inc.
Evans, D. (2015). Social Media Marketing : An Hours a Day. In Social Media Marketing : An Hours a Day.
Harry Saptarianto, Shelvi Deviani, Syamas Isti Anah, & Indah Noviyanti. (2024). Menghadapi Tantangan Era Digital, Strategi Integrasi Media Sosial, Literasi Digital dan Inovasi Bisnis. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 128–139. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.955
Hasugian, B. S. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Millenial. Jurnal Ilmu Komunikasi : Network Media, 3 (1)(1), 47–51. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jnm.v1i1.667.
P, F. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU REMAJA PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS DI TOMONI LUWU TIMUR. Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(2), 335–348. https://doi.org/https://doi.org/10.36869/pjhpish.v5i2.39
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business : A Skill-Building Approach (7th ed.). John Wiley & Sons Ltd.
Social, W. A. (2024). Digital 2024: Your ultimate guide to the evolving digital world. Wearesocial.Com.
Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.345
Woy, C. M., Rembang, M., & Onsu, R. R. (2019). Analysis of Student Attitudes of Communication Science Journalistic Concentration Fispol Unsrat Against News Content Anonymous Accounts of Life of Artists on Instagram. Acta Diurna Komunikasi, 8(2), 1–11.
Diterbitkan oleh FISIP UMC
|1