INTEGRASI FILSAFAT HUMASNISTIK DALAM TERAPI PSIKOLOGI POSITIF: DITINJAU DARI TOKOH ABRAHAM MASLOW
DOI:
https://doi.org/10.32534/jsfk.v18i2.6677Abstract
Filsafat humanistik sebuah ilmu yang mengkaji tentang manusia untuk melihat bagaimana manusia bisa menjalani hidupnya dengan baik, dengan melihat tingkah laku, emosi dan memahami lingkungan sekitarnya. Sejalan dengan hal tersebut psikologi humanistik adalah ilmu yang sangat menekankan kepada pentingnya kesadaran, sesuatu yang bersifat positif mengenai manusia dan aktualisasi diri manusia. Psikologi humanistik itu sendiri memiliki berbagai jenis salah satunya yaitu psikologi positif yang mana fokus utama dari psikologi positif yaitu pada pemahaman dan pengembangan ketahanan, kekuatan, kemajuan dan kesejahteraan manusia yang mana dapat dispesifikkan lagi dalam penelitian untuk lebih memahami tentang emosi positif, kekuatan karakter, makna dan tujuan hidup, hubungan positif dan intervensi berbasis perhatian, psikologi positif ini juga bisa dikembangkan di berbagai bidang. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu melihat apakah filsafat humanistik ini ada hubungannya dengan terapi psikologi positif. Metode yang dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan studi literatur. Sehingga dapat diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu terdapat integrasi dan kesinambungan antara filsafat humanistik, psikologi humanistik dan psikologi positif. Adapun terapi psikologi positif ini berfokus kepada psikologi humanistik oleh Abram Maslow yang mana dalam teorinya terdapat hierarki kebutuhan manusia, jika kebutuhan manusia tersebut terpenuhi maka manusia akan memperoleh kesejahteraannya sehingga dapat menjalankan kehidupan lebih baik.
Keywords:
Abraham Maslow, Filsafat, Humanistik, Psikologi PositifReferences
Fadli, R. V. (2020). Tinjauan Filsafat Humanisme: Studi Pemikiran Paulo Freire Dalam Pendidikan. Jurnal Reforma, 9(2), 96. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.317
Fedi, S., Kurnila, V., Susanti, V., Hutneira, R., Rochmad, & Isnarto. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Filsafat Humanis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 10090–10104. https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/Pages/Bank-Umum.aspx#:~:text=Pada Undang-undang Nomor 10,rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Hayon, H. G. (2023). Eupraxsophy: Sebuah Pandangan tentang Humanisme Sekular Menurut Paul Kurtz. Proceedings of The National Conference on Indonesian Philosophy and Theology, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.24071/snf.v1i1.8366
Herlambang, Y. T. (2018). PEDAGOGIK : Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), 1026–1036. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.887
Indriyani, N., & Desyandri. (2022). Konsep pendidikan mereka belajar dalam pandangan filsafat humanisme. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(2), 668–682.
Irwati, D., Putri, L., & Syam, H. (2024). TINJAUAN PSIKOLOGIS HUMANISTIK DALAM PEDAGOGIK SPIRITUAL Deni. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(3), 327–337.
Kumar, S., & Lal, K. (2024). Different dimensions of psychology: A review. International Journal of Research in Special Education, 4(1), 44–53.
Kurrotuain, A., Raharjo, R. P., & Ahmadi, A. (2024). Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow Pada Tokoh Dalam Novel “Garis Waktu” Karya Fiersa Besari. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 1. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.12212
Kusumawati, N. A., Dian, K., Purwadi, A., & Maret, U. S. (2024). IMPLEMENTASI TEORI KEBUTUHAN MASLOW DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21 : PENDEKATAN PSIKOLOGI HUMANISTIK. 5445(April), 98–112.
Kuswara E. (1991). Teori-teori Kepribadian Psikoanalisis, Behaviorisme, Humanistik. Bandung: PT Eresco
Manik, H., Sihite, A. C. B., Manao, M. M., Sitepu, S., & Naibaho, T. (2022). Teori Filsafat Humanistik Dalam Pembelajaran Matematika Hanter. Edumaspul, 6(1), 348–355.
Mariani, Zainal Rafli, & Ifan Iskandar. (2024). Filsafat Humanisme Dalam Perspektif Pembelajaran Bahasa Terhadap Konsep Merdeka Belajar: Kajian Teori. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 196–204. https://doi.org/10.62504/jimr462
Mayasari, S. (2017). Filsafat Pendidikan Humanisme Dalam Perspektif Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Peserta Didik Di Tingkat Sekolah Menengah Atas: Sebuah Kajian Teori. Akademik, 3(1), 629–637. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1069-1334-1-PB.pdf
Philosophischen, D., & Eichenberger, P. (2024). An Experimental History of Positive Psychology Analysis of Constructs and Instruments. http://dx.doi.org/10.15488/17333
Putri, N. H., Yusuf, A., Prayuga, N. G. A. P., & Syafira, N. P. (2024). Learning Theory According To Humanistic Psychology and Its Implementation in Students. Progres Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/prospek.v5i1.542
Saleleubaja, J., & Astuti, D. (2024). Sifat Manusia Dan Antropologi Kristen: Perspektif Filsafat Tentang Hakikat Kemanusiaan. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 5(1), 82–95. https://doi.org/10.46348/car.v5i1.272
Santrock, J. W. (2010). Educationnal Psychology. MCGraw-Hill.
Siswadi, G. A. (2024). Filsafat Manusia: Memahami Manusia Sebagai Homo Complexus (Issue February). https://www.researchgate.net/publication/377951590
Solichin, M. M., Ag, M., Penerapannya, M., Pondok, D. I., Al, P., & Sumenep, P. (2019). Pendekatan Humanisme Dalam Pembelajaran. www.penerbitlitnus.co.id
Sutton , J. (2016, Oktober 2). Positive Psychology: An Introduction, Summary, & PDF. Retriever from; PositivePsychology.com: https://positivepsychology.com/positive-psychology-an-introduction-summary/