ALIRAN FILSAFAT YANG MELEKAT PADA DIRI PENDIDIK KELAS XII TKJ 4 SMK KRISTEN PETRA SURABAYA

Authors

  • Bernadeta Novi Andriyani Universitas Dr. Soetomo
  • Desmas Patriawan PPPK Petra
  • Nensy Megawati Simanjutak Universitas Dr. Soetomo

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v18i2.6179

Abstract

Filsafat menjadi landasan dalam memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan, seperti menentukan tujuan dari kurikulum, pendidikan, metode pembelajaran, dan lain-lain. Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi aliran filsafat yang melekat pada diri pendidik di kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 4. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi oleh sepuluh siswa dari kelas XII TKJ 4 yang ditentukan secara purposive sebagai narasumber. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa aliran filsafat yang melekat pada diri pendidik kelas XII TKJ 4 SMK Kristen Petra tahun ajaran 2023/2024 yaitu aliran eksistensialisme. Penelitian ini penting untuk memberikan informasi berkaitan dengan aliran filsafat yang melekat pada diri pendidik di kelas XII TKJ 4 selaras dengan tujuan pendidikan yang diusung oleh SMK Kristen Petra Surabaya khususnya dalam mempersiapkan siswa dengan keterampilan sesuai dengan kebutuhan mereka dan tuntutan pasar kerja secara global.

Keywords:

Filsafat, Eksistensialisme, Pendidikan

References

Cardoso, N. G. (2024). Konsep Merdeka Belajar Ditinjau dari Filsafat Pendidikan Paulo Freire. 7(2).

Fauziya, S. N., & Aziz, T. A. (2022). Kaitan Pandangan Aliran Filsafat Progresivisme terhadap Siswa Slow Learners dalam Proses Pembelajaran. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 70–79. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.128

Gregory, I. (2020). Education, Democracy and Living With Disagreement. Philosophical Inquiry in Education, 26(2), 156–163. https://doi.org/10.7202/1071438ar

Labuem, S. (2024). TRAINING FOR GRADE I AND II ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN TO UTILIZE THE TRADITIONAL GAME DARET DAMAR JAN AS A MEDIUM FOR LEARNING MATHEMATICS. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 202–209. https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i1.2224

Muvid, M. B. (2020). Filsafat pendidikan Islam: Sebuah tinjauan dan kajian pendidikan Islam beserta pemikiran tokoh filsuf muslim dunia dan Nusantara. Pustaka Pelajar.

Patriawan, D. A., Basuki, M., & Yulfiah, Y. (2023). ?Konsep Teknologi-Bagaimana Cara Mata Memandang Teknologi?? (1st ed., Vol. 1). Andi Publisher. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=QGlx9mcAAAAJ&sortby=pubdate&authuser=2&citation_for_view=QGlx9mcAAAAJ:BqipwSGYUEgC?????

Simanjuntak, J. (2021). Filsafat pendidikan dan pendidikan Kristen. PBMR ANDI. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=LII5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Junihot+Simanjuntak,+Filsafat+Pendidikan+dan+Pendidikan+Kristen,+(Yogyakarta:+ANDI,+2013),.+&ots=9IUOBIp_oX&sig=BGicxkVfte19ftlyztmwWVpREi0

Sobon, K., & Astari, T. (2024). Konsep Pendidikan Berbasis Masalah Paulo Freire dan Relevansinya dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 7(2).

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Andriyani, B. N. ., Patriawan, D., & Simanjutak, N. M. (2024). ALIRAN FILSAFAT YANG MELEKAT PADA DIRI PENDIDIK KELAS XII TKJ 4 SMK KRISTEN PETRA SURABAYA. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 18(02), 83–89. https://doi.org/10.32534/jsfk.v18i2.6179