Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Authors

  • Afifah Rismayanti Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Afita Nurmalasari Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Zahida Khairunnisa Fathin Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Naela Faza Fariha Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.5188

Abstract

Efikasi diri berperan penting bagi mahasiswa untuk dapat menjalani kehidupan akademiknya dengan baik. Hal ini dikarenakan efikasi diri mampu mendorong mahasiswa untuk mencapai tujuan akademiknya serta membantu menghadapi kesulitan yang terjadi selama perkuliahan. Efikasi diri ini dapat terbentuk ataupun dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya komunikasi interpersonal. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap efikasi diri pada mahasiswa kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui Google Forms dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan kemudian diolah melalui program SPSS untuk dilakukan uji instrumental seperti uji validitas dan uji reliabilitas serta uji hipotesis berupa uji normalitas, uji liniearitas, dan uji regresi. Hasil dari pengujian ini dihasilkan data penelitian yang valid, reliabel, serta berdistribusi normal. Kemudian untuk nilai linearitas sig. pada deviation from linearity dihasilkan angka sebesar 0,131 > 0,05 dan hasil uji regresi sederhana menghasilkan nilai koefisien sig. 0,001 < 0,005 dengan r square sebesar 0,353. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa komunikasi interpersonal dan efikasi diri memliki hubungan atau liniearitas yang signifikan sehingga terdapat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap efikasi diri dimana besar pengaruhnya sebesar 35,3%.

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Efikasi Diri, Mahasiswa, Capaian Akademik

References

Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Pekommas, 18(1), 53–62. https://202.89.117.136/index.php/pekommas/article/view/1180106/243

Andre Tadya Fahlevi, & Anne Maryani. (2022). Hubungan Kompetensi Komunikasi Interpersonal dengan Self Efficacy. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi (JRMK), 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.2310

Anitasari, A., Pandansari, O., Susanti, R., Kurniawati, K., & Aziz, A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 82–90. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37661

Aprianti, E. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Mengajar Antara Guru Dan Murid Paud Pada Proses Pembentukan Karakter. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 1–9.

Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati: The Relation Of Self-Efficacy With Academic Stress In Medical Student Of Malahayati University. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 83–93. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.283

Bandura, A. (1997a). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W. H. Freeman and Company. https://doi.org/10.1177/0032885512472964

Bandura, A. (1997b). Self-efficacy in Changing Societies. In A. Bandura (Ed.), Cambridge University Press 1995. Cambridge University Press.

DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (Fourteenth Edition). In Nucl. Phys.

Erozkan, A. (2013). The effect of communication skills and interpersonal problem solving skills on social self-efficacy. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 13(2), 739–745.

Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 25. https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8753

Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i2.1884

Meydiansyah, D. Y. (2021). Fenomena Perilaku Menyontek Pada Pelajar Masa Kini Ditinjau Dari Kepercayaan Diri, Efikasi Diri, Dan Prokrastinasi : Sebuah Studi Literatur. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 245–253. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.245-253

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra (ed.); 2016th ed., Issue July). Zifatama Publishing.

Saraswati, N., Dwidiyanti, M., Santoso, A., & Wijayanti, D. Y. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Keperawatan. Holistic Nursing and Health Science, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.14710/hnhs.4.1.2021.1-7

Utomo, P. C., & Probandari, A. (2016). Hubungan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dengan Dosen Dan Antar Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar. Jurnal Keterapian Fisik, 1(2), 90–94. https://doi.org/10.37341/jkf.v1i2.87

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (I). Kencana Prenadamedia Group.

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Afifah Rismayanti, Afita Nurmalasari, Zahida Khairunnisa Fathin, & Naela Faza Fariha. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 17(2), 66–72. https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.5188