Peran Public Relations Dalam Penerapan Fungsi Corporate Communication PT. Kereta Api Daerah Operasional 3 Cirebon Untuk Pembentukan Citra Perusahaan

Authors

  • Faisal Atthariq Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ida Ri'aeni Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ririn Risnawati - Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.4892

Abstract

The purpose of this study was to find out how the role of Public Relations in Public Relations activities and the application of the Corporate Communications Function to form the corporate image of PT. KAI Operational Area 3 Cirebon. The research method used is a qualitative descriptive study by conducting interviews with the company's internal parties, namely the Manager and Assistant Manager of the Public Relations Unit of PT. KAI DAOP 3 Cirebon and external parties, namely interns at the public relations unit of PT. KAI DAOP 3 Cirebon and prospective passengers, observation of activity data looking for news publications published in mass media on the internet which was confirmed by the Manager of the Public Relations Unit of PT. KAI DAOP 3 Cirebon, as well as observations in the form of documentation of news releases on PT. KAI DAOP 3 Cirebon.

The results of the research show that the role of Public Relations is very important in enhancing the company's image. The role of Public Relations (PR) in Public Relations activities and the implementation of Corporate Communication is very important in forming a good corporate image. The Public Relations Unit is responsible for selecting communication media and implementing appropriate communications to convey company information. The Public Relations Manager provides advice and recommendations to companies in building good relations with employees. The Public Relations Unit helps facilitate communication between employees - corporate units, as well as companies and customers - the general public. The Public Relations Manager also assists companies in solving problems in an effective way so that problems can be resolved properly.

  1. KAI DAOP 3 Cirebon is considered to be well formed by PR from a series of activities carried out, and is considered to care about a positive work environment, provide optimal service to the use of rail services, and care for the public in general. Therefore, it can be concluded that the role of Public Relations in Public Relations activities and the implementation of Corporate Communication has been good in forming corporate image.

Keyword: The Role of Public Relations, Corporate Communications Functions, Corporate Image

 

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Public Relations dalam kegiatan Public Relations dan penerapan Fungsi Corporate Communications untuk membentuk citra perusahaan PT. KAI Daerah Operasional 3 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dengan pihak internal perusahaan yaitu Manager dan Asisten manager unit humas PT. KAI DAOP 3 Cirebon dan pihak eksternal yaitu pemagang di unit humas PT. KAI DAOP 3 Cirebon dan calon penumpang, observasi data kegiatan mencari publikasi berita yang dimuat pada media massa di internet yang terkonfirmasi oleh Manager Unit Humas PT. KAI DAOP 3 Cirebon, serta observasi berupa dokumentasi rilis berita kegitan Public Relations PT. KAI DAOP 3 Cirebon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Public Relations sangat penting dalam meningkatkan citra perusahaan. Peran Public Relations (PR) dalam kegiatan Public Relations dan penerapan Corporate Communication sangat penting dalam membentuk citra perusahaan yang baik. Unit Humas bertanggung jawab untuk memilih media komunikasi dan melaksanakan komunikasi yang tepat untuk menyampaikan informasi perusahaan. Manager Humas memberikan saran dan rekomendasi kepada perusahaan dalam membangun hubungan baik dengan karyawan. Unit Humas membantu memfasilitasi komunikasi antara karyawan - unit perusahaan, serta perusahaan dan pelanggan - masyarakat secara umum. Manager Humas juga membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang efektif agar masalah dapat diselesaikan dengan baik.

Citra perusahaan PT. KAI DAOP 3 Cirebon dianggap terbentuk dengan baik oleh PR dari serangkaian kegiatan yang dilakukan, serta dianggap peduli pada lingkungan kerja yang positif, memberikan layanan yang optimal pada penggunaan jasa kereta api, dan peduli kepada publik secara umum. Oleh karena itu, peran Public Relations dalam kegiatan Public Relations dan penerapan Corporate Communication dapat disimpulkan sudah baik dalam membentuk citra perusahaan.

Kata Kunci: Peran Public Relations, Fungsi Corporate Communciations, Citra Perusahaan

Keywords:

The Role of Public Relations, Corporate Communications Functions, Corporate Image, Peran Public Relations, Fungsi Corporate Communciations, Citra Perusahaan

References

Akil, M. N. R. (2013). Peran dan Fungsi Corporate Communication Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di PT. Garuda Indonesia (Persero). Universitas Hasanuddin.

Ardianto, E. (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.

Argenti, P. A. (2013). Corporate Communication (6th ed.). McGraw-Hill.

Argenti, Paul. A. (2010). Corporate Communication (5th ed.). Salemba Humanika.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bagong, S., & Sutinah. (2008). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Kencana.

Borromeu, M. A. P. A. (2015). Strategi Corporate Communication PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dalam Mempertahankan Citra Garuda Indonesia Sebagai Maskapai Terbaik di Asia Tahun 2013-2014. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Udayana.

Burhan, B. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Kencana.

Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. RajaGrafindo Persada.

Cornelissen, J. (2014). Corporate Communication: A Guide to Theory And Practice (4th ed.). Sage Publication.

Cutlip, Scott. M., Center, A. H., & Broom, Glen. M. (2009). Effective Public Relations (9th ed.). Kencana.

Darman, A. F. D. P. (2017). Peran Corporate Communication Department PT. Badak Natural Gas Liquefaction (NGL) Dalam Membentuk Citra Melalui Visi Perusahaan di Kota Bontang. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(2), 51–65.

David A. Aaker. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi: Edisi Kedelapan (8th ed.). Salemba Empat.

Effendy, O. U. (1989). Kamus Komunikasi. PT. Mandar Maju.

Ghony, M. D., & Fauzan, A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Gunawan, I. (2003). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT. Bumi Aksara.

Hoq, M. Z., Sultana, N., & Amin, M. (2015). The Effect of Trust, Customer Satisfaction and Image on Customers Loyalty in Islamic Banking Sector. Jurnal Manajemen 17. https://doi.org/10.2139/ssrn.1851427

Irenita, N., Saraswati, D., & Setiawati, R. (2019). Peran Corporate Communication Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (PT. Sriwijaya Air). ITL Trisakti. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik (JMBTL).

Jasfar, F., & Kristaung, R. (2012). Sinergi Kualitas Jasa Ritel dan Pemasaran Kerelasian terhadap Ritensi Pelanggan. Penerbit Universitas Trisakti.

Jefkins, F., & Danil, Y. (2014). Public Relations (5th ed.). Erlangga.

Kanaidi. (2010). Pengaruh Customer Value dan Corporate Image Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Paket Pos di Wilayah Pos Bandung Raya. “Competitive” Majalah Ilmiah, 6(2).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Penerbit Erlangga.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana.

Martono, N. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis dan Analisis Data Sekunder (S. P. Tri U., Ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Morrisan M. (2014). Metode Penelitian Survei. Kencana.

Nova, F. (2011). Crisis Public Relations Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Raja Grafindo Persada.

Oliver, S. (2006). Strategi Public Relations. Erlangga.

Oliver, S. M. (2004). A Handbook of Corporate Communication and Public Relations (1st ed.). Routledge.

Public Relations KAI. (2020). Program Sapa Pelanggan Untuk Tingkatkan Layanan KAI.

Public Relations KAI. (2022). Bikin Nyaman! Yuk Intip Beragam Fasilitas yang Ada di Stasiun Kereta Api.

Rachmadi, F. (1992). Public Relations dalam Teori dan Praktek. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Salim, & Syahrum. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.

Sarwono, S. W. (2010). Psikologi Remaja (Revisi, 13). PT Raja. Grafindo.

Soemirat, Soleh, & Ardianto, E. (2003). Dasar-Dasar Public Relation. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syafitri, U. (2019). Peran Corporate Communication Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan PT. Tirta Medical Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Toiskandar. (2022). Cegah Kecelakaan di Pelintasan, Petugas KAI DAOP 3 Cirebon Bentangkan Spanduk Imbauan.

Van Riel, C. B. M. (2010). Essentials of Corporate Communication: Implementing Practices for Effective Reputation Management. Rutledge.

Wafi, A. (2020). Peran Bidang Corporate Communication Dalam Mempertahankan Citra PT Timah Tbk, Bangka Belitung. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

“Wikipedia.” (n.d.). Corporate Communication.

Yulianita, N. (1999). Dasar-Dasar Public Relations. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Yulianita, N. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. LPPM UNISBA, Bandu

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Faisal Atthariq, Ida Ri’aeni, & -, R. R. (2024). Peran Public Relations Dalam Penerapan Fungsi Corporate Communication PT. Kereta Api Daerah Operasional 3 Cirebon Untuk Pembentukan Citra Perusahaan. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 17(2), 12–27. https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.4892