Influencer Culture dan Pembentukan Masyarakat Konsumsi di Instagram @rachelvennya

Authors

  • Raihan Jati Utomo Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Rifma Ghulam Dzaljad

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.4398

Keywords:

Masyarakat konsumsi, rachel vennya, instagram, kritis, influencer culture

Abstract

Instagram menjadi media sosial yang populer dan digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat.
Namun penggunaan Instagram tidak hanya sebagai tempat untuk mengunggah foto dan video,
melainkan menjadi lahan bagi para influencer untuk berlomba-lomba mempromosikan gaya hidup dan
produk bisnis mereka. Hal ini yang dapat mendorong terbentuknya pola masyarakat konsumsi. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwasanya konten yang diunggah pada Instagram @rachelvennya mampu memberikan
stimulasi atau dorongan kepada pengikutnya, fenomena ini dapat terlihat dari komentar pada unggahan
pada akun @rachelvennya yang mengungkapkan keinginan untuk memiliki gaya hidup yang sama
dengan apa yang ditampilkan olehnya. Sikap ini menyebabkan munculnya cara pandang yang tidak
realistis audiens terhadap gaya hidup Rachel Vennya. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa influencer
dalam sudut pandang masyarakat konsumsi adalah seseorang yang menjadi panutan dalam menentukan
pilihan, sehingga setiap pesan yang disampaikan dapat dipercaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk melihat influencer culture dalam membentuk masyarakat konsumsi di Instagram @rachelvennya.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Influencer Culture dan Pembentukan Masyarakat Konsumsi di Instagram @rachelvennya. (2024). SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 17(2), 73-80. https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i2.4398