FENOMENA REKRUTMEN ARTIS SEBAGAI CALON LEGISLATIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF AKSIOLOGI

Authors

  • Aseng Yulanda Universitas Negeri Padang
  • Azmi Fitrisia Universitas Negeri Padang
  • Ofianto Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v18i1.4088

Abstract

Menganalisis  Fenomena rekrutment Artis sebagai calon legislatif ditinjau dari perspektif Aksiologi, peran partai politik dalam melaksanakan proses rekrutmen dan kaderisasi yang melibatkan kalangan artis sebagai upaya meraup suara di pemilihan legislatif. Kecendrungan permanfaatan popularitas yang dimiliki oleh calon artis tersebut dalam pesta demokrasi menjadi salah satu satu strategi oleh mayoritas partai politik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui penelitian literatur kepustakaan. Hasil analisis dalam artikel ini adalah langkah partai politik tersebut diakibatkan oleh demokrasi yang diterapkan di Indonesia yang membutuhkan perolehan suara partai politik memenuhi standar ambang batas parlemen. Langkah Partai Politik tersebut mengesampingkan nilai kebermanfaatan untuk rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi. Wajah baru demokrasi Indonesia yang bergeser dari pertarungan gagasan menjadi pertarungan popularitas. Popularitas artis merupakan faktor utama partai politik merekrut artis menjadi calon legislatif.  Dampak dari fenomena tersebut terhadap diskusi di ruang publik serta implikasinya terhadap kedaulatan rakyat sebagai pemegang kedaulatan utama dalam Negara demokrasi dan kebermanfaatan yang akan dirasakan oleh rakyat Indonesia menjadi pertanyaan selanjutnya. Oleh karena itu, peneliti menjadi tertarik melakukan penelitian tentang fenomena tersebut.

Keywords:

Partai Politik, Artis, Demokrasi, Aksiologi.

References

Abqa, Muhammad Ardhi Razaq. (2020). Partai Politik Dan Moderasi Beragama Sebagai Pilar Demokrasi Di Indonesia. RESIPROKAL Vol. 2 No. 1 (1-12).
Anim, Dian Armanto , & Nilam Sari. (2021). Perspektif Kajian Aksiologi Pada Pembelajaran Daring Di Era Pandemic. Journal of Science and Social Research. IV (3): 276 – 282.
Aulia, Dian. (2016). Penguatan Demokrasi: Partai Politik Dan (Sistem) Pemilu Sebagai Pilar Demokrasi. Jurnal Masyarakat Indonesia. Vol 42 (1).
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Faizah, Ulfi. (2020). Etika Lingkungan dan Aplikasinya dalam Pendidikan Menurut Perspektif Aksiologi. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 3 No 1 Tahun 2020.
Hakim, Lukman. (2020). Filsafat Ilmu dan Logika. Jawa Tengah: penerbit Lakeisha.
Harahap, Insan Harahap. (2017). Kaderisasi Partai Politik Dan Pengaruhnya Terhadap Kepemimpinan Nasional. Jurnal Politik LIPI.
Mubarok, Romli. (2012). Peranan Partai Politik Sebagai Pilar Demokrasi Pasca Reformasi Di Indonesia. Hukum Dan Dinamika Masyarakat Vol.10 No.1.
Nabilah, Resty, Izomiddin, & Raegen Harahap. (2022). Fenomena Rekrutmen Artis Anggota Legislatif Ditinjau dari Perspektif Teori Partai Politik. Jurnal Studi Ilmu Politik (JSIPOL), Vol.1 No.2, (81-92).
Sulistyawati, Theresia Endang. (2020). Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. Volume : 1 No.1.
Tumanduk, Monalisa C, Agustinus B. Pati, & Jones Tompodung. (2022). Implementasi Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Rekrutmen Politik Pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Pdip) Kabupaten Minahasa Selatan. Eksekutif Volume 2 No. 1.
Wardhan, Primandha Sukma Nur. (2018 ). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. 10 (1) 57-62.
Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Yulanda, A., Fitrisia, A., & Ofianto. (2024). FENOMENA REKRUTMEN ARTIS SEBAGAI CALON LEGISLATIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF AKSIOLOGI. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 18(1), 58–68. https://doi.org/10.32534/jsfk.v18i1.4088