A PUBLIC RELATION PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA

PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PDAM TIRTANADI SUMATERA UTARA

Authors

  • rizky sugiharto universitas islam negeri sumatera utara
  • M. Husni Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v18i1.3952

Abstract

Abstrak

Humas yang masih digunakan sampai sekarang sering disebut dengan Humas atau disingkat PR. Kebutuhan akan kebutuhan mengarah pada munculnya hubungan masyarakat.  Ini menyiratkan bahwa keberhasilan atau kegagalan tujuan dan citra yang ingin diproyeksikan oleh perusahaan pada akhirnya ditentukan oleh PR dan kapasitasnya untuk menjembatani atau meningkatkan komunikasi dengan publik. Cabang PDAM, bisnis yang cukup besar yang terlibat dalam layanan dan layanan yang menyediakan air bersih, adalah salah satu perusahaan negara yang mungkin. Namun pada kenyataannya masih terdapat permasalahan yang ditimbulkan oleh adanya saluran air yang tidak lancar sama sekali, kualitas air yang kurang baik, dan penggunaan air yang tidak tepat. Judul “Peran Humas Dalam Membangun Citra PDAM” perlu diangkat agar para sarjana dapat mengangkat dan mengkaji topik ini lebih dalam. untuk menentukan sejauh mana hubungan masyarakat telah memberikan kontribusi untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Untuk mencirikan fungsi humas dalam meningkatkan citra PDAM Tirtanadi Cabang Sumatera Utara yang diyakini sangat nyata, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.

Keywords:

Kata Kunci: Public Relation (Humas), Citra

References

REFERENCES/DAFTAR PUSTAKA

Adhrianti, L. (2016). Digitalisasi Public Relations Bagi Penguatan Citra Pemerintah Daerah (Analisis Deskriptif Reaktualisasi Peran Humas Pemerintah Kota Bengkulu Dalam Penyampaian Informasi Daerah Melalui Media Sosial). Prosidang Seminar Nasional Komunikasi, 115–125.
Afkarina, N. I. (2018) Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Public Opinion Lembaga Pendidikan. Jurnal IDAARAH, 2(2), 317-338.
Alma, Cut. (2018) Peran Humas dalam Membangun Citra Positif PT Tempo Medan (Studi Deskriptif tentang Peranan Humas dalam Membangun Citra Positif Perusahaan PT. Deskriptif tentang Peranan Humas dalam Membangun Citra Positif Perusahaan PT. Tempo Medan. Jurnal Network Media Vol 1. No 1.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018 Metodologi Penelitian Kualitatif Sukabumi: CV Jejak Ardianto, E. (2009), Public Relations Praktis. Bandung: Widya Padjajaran.
Ardianto dan Soemirat. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa.
Cutlip, S.M. dkk. (2006). Effective Public Relations, Jakarta: Prenada Media.
Herdiana, D., & Khoiruddin. (2016). Peran dan Strategi Humas dalam Pembentukan Citra Perguruan Islam Tinggi. Jurnal Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 12(2), 11-17.
Ishaq, R. (2017). Public Relations Teori dan Praktik. (Edisi Revisi). Malang: Intrans Publishing.
Kholisoh, N. (2016). Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit "X" di Jakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi,13(3), 195-209.
Nasution, Zulkarnaen. (2010). Manajemen Humas di Dunia Pendidikan. Jakarta: UMM Press,
Ningsih, Israyati Tresna dan Hengky Pramusinto. (2017). Peran Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SMK YPE Sumpiuh Kab. Banyumas. Jurnal Economic Education Analysis, 6 (2).
Maryam dan Priliantini, (2018), Humas dalam Rangka Pencapaian Tujuan Tertentu Mukarom, Z., & Laksana, M.W. (2015). Manajemen Humas. Bandung: Perpustakaan CV
Mustafa, N. (2017). Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra Kantor Kesyahbandi Utama Makassar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik. 6(3), 30-23.
Musyarrolah, M. (2018). Peran Humas dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi. Jurnal Idaarah, 2(1). Doi:https://doi.org/10.24252/iduarah.v21.5122
Moleong, Lexy J. (2008). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT BPK Gunung Mulia. Pohan, Z. (2018). Peran Humas (Public Relations) Pada Bidang Pendidikan. Jurnal
Rini, K. S... Rusmiwari, S., & Widodo, H. P. (2017). Peranan Humas dalam Meningkatkan Citra Universitas Tribhuana Tunggadewi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 34-37.
Rondonuwu, Sintje A. (2018). Peran Public Relations Terhadap Meningkatkan Citra Perusahaan PT. Trakindo Manado.
Ruslan, Rosady, (2012), Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Jakarta: Rajawali Press.
Setiyo, Kumia dan Sugeng Rusmiwari. (2017). Peran Humas dalam Meningkatkan Citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol.6 No. 1.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwatno. (2018). Pengantar Public Realtions Kontemporer. Bandung: PT. Rosdakarya Syahputra. Adrian. (2021). Strategi Komunikasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tiranadi Cabang Tapsel dalam Menangani Keluhan Pelanggan di Kota Padang Sidempuan Provinsi Sumut. Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.
Syahputra, L. (2019). Media Relations. Depok: PT. RajaGrafindo Persada. Trisnawati dan Syarah. (2017). Fungsi Manajemen Humas Membangun dan Mempertahankan Hubungan Baik.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

sugiharto, rizky, & Ritonga, M. H. (2024). A PUBLIC RELATION PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA: PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PDAM TIRTANADI SUMATERA UTARA. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 18(1), 37–44. https://doi.org/10.32534/jsfk.v18i1.3952