PERKEMBANGAN FILSAFAT ILMU DAN PERANANNYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Amanda Maharani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i01.3352

Abstract

Filsafat ilmu merupakan kajian yang sangat luas. Secara garis besar filsafat ilmu adalah cabang filsafat yang membahas masalah ilmu. Tujuannya mengadakan analisis mengenai ilmu pengetahuan dan cara bagaimana pengetahuan ilmiah itu diperoleh. Ruang lingkup filsafat ilmu pada dasarnya mencakup dua pokok bahasan utama, yaitu membahasa sifat-sifat pengetahuan ilmiah dan menelaah cara-cara mengusahakan pengetahuan ilmiah. Peran filsafat imu dalam perkembangan ilmu pengetahuan sangat besar. Secara historis dapat dikelompokkan menjadi beberapa masa, Zaman Prasejarah, Zaman Sejarah, Zaman Logam, Zaman Yunani dan Romawi, Filsafat Imu di India dan Cina, Filsafat Ilmu pada Masa Islam, Filsafat Ilmu pada Abad ke-16 dan ke-17, Filsafat Ilmu pada Abad ke-18 dan ke-19, dan Filsafat Ilmu pada Abad ke-20. Filsafat ilmu dalam pendidikan di Indonesia harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, agar terciptanya manusia yang bermutu untuk bangsa dan negara.

Keywords:

: Filsafat, Ilmu, Pengetahuan, Pendidikan, Pancasila

References

Adib, Mohammad. (2018). Filsafat Ilmu Ontologi, Epistimologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komara, Endang. (2011). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.
Sauri, S., Firmansyah, H., & Rizal, A. S. (2010). Filsafat Ilmu Pendidikan Agama. Bandung: Arfino Raya.
Semadi, Yoga Putra. (2019). “Filsafat Pancasila dalam Pendidikan di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter”. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol. 2 No. 2.
Subahan, Alpi. (2021). “Kajian Literatur Tentang Kebijakan Pendidikan Dasar di Masa Pandemi dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran”. Artikel Review Pendidikan dan Pengajaran. Volume 4 Nomor 1.
Surajiyo. (2009). Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto. (2014). Filsafat Ilmu Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistimologis, dan Aksiologis. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Syarifuddin. (2018). “Pancasila Sebagai Filsafat Ilmu dan Implikasi Terhadap Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar Volume 2 Nomor 2 Desember.
Widyawati, Setya. (2018). Filsafat Ilmu. Surakarta: Isi Press

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Maharani, A. (2023). PERKEMBANGAN FILSAFAT ILMU DAN PERANANNYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 17(1), 59–76. https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i01.3352