PENGARUH KAMPANYE CALON KEPALA DESA MELALUI SOSIAL MEDIA TERHADAP ELEKTABILITAS PEMILU DI KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32534/jsfk.v17i01.3282Abstract
Pemilihan kepala desa tentu didukung oleh kampanye. Kampanye digunakan sebagai bentuk branding diri seorang calon kepada masyarakat agar masyarakat memilih calo tersebut. Bermacam bentuk kampanye ditampilkan oleh calon kepala desa salah satunya kampanye melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang bagaimana tingkat elektabilitas pemilihan calon kepala desa dengan adanya kampanye melalui sosial media. Penelotian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik penelotian berupa studi kasus dan menyebar kuesioner serta wawancara kepada masyarakat untuk mengetahui pengaruh politik digital. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik oleh George Herbert Mead
Keywords:
Partisipasi politik, Media Sosial, Pemilihan UmumReferences
Kasali, Rhenal. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Graffiti. 1995.
Manan, Bagir. Politik Publik Pers. Jakarta: Dewan Pers. 2012
McLeod, Jack M., Gerald M. Kosicki and Douglas M. Mc Leod. The Expanding Boundaries of Political Communication Effects. UK: Lauwrence Erlbaum Associates. 1994.
McQuail, Dennis. Mass Communication Theory. London: Sage Publications. 2000.
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosda Karya. 2007.
Muzayyad, Idy - Komisioner KPI Pusat. ‘Bebas tidak Bablas’. dalam Surat Kabar Republika 13 Pebruari 2012.
Nimmo, Dan. Komunikasi Politik. Bandung: Rosda Karya. 2006.
Gayatri, Gati. Efek Iklan Politik Dalam Media Massa Terhadap Perilaku Memilih Dalam Pemilu. Dalam Politik website: http://balitbang.depkominfo.go.id/addfile/jurnal/Jurnal%20profesi/Jurnal%2045/E FEK%20IKLAN%20POLITIK%20DALAM%20MEDIA%20MASSA%20- %20%20Gati%20ke%202.doc.