PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LITERASI DIGITAL BAGI GENERASI MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.32534/jsfk.v13i02.1465Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai mata kuliah/pelajaran dalam menu perkuliahan dapat disajikan mengikuti kemajuan teknologi informasi secara digital. Utamanya bagi mahasiswa kaum milenial yang sejak lahirnya sudah dihadapkan dengan segala bentuk menu dari apa yang disediakan oleh perangkat teknologi informasi berupa internet dan telepon pintar. Melalui penelitian kualitatif ini ihwal Pendidikan Agama Islam (PAI) yang biasa diajarkan secara klasik dituntut untuk menyesuaikan diri. Menyesuaikan diri dalam arti mengikuti perkembangan teknologi informasi. Baik berupa semakin mudahnya mengakses internet berkecepatan tinggi, juga menjamurnya aplikasi-aplikasi media sosial yang makin digandrungi. Adapun data penelitian ini digali dari sebaran form angket yang dibagikan melalui aplikasi daring WA (WhatsApp) kepada para mahasiswa.
This study examines how Islamic Religious Education (PAI) as a course in the lecture menu can be presented following the progress of digital information technology. Mainly for millennial students who since their birth have been confronted with all kinds of menus from what is provided by information technology devices such as the internet and smartphones. Through this qualitative research the Islamic Religious Education (PAI) which is usually taught classically is required to adjust. Adapt in the sense of following the development of information technology. Both in the form of increasingly easy access to high- speed internet, also the proliferation of social media applications that are increasingly loved. The research data was extracted from the distribution of questionnaire forms distributed through the WA online application (WhatsApp) to students.
Keywords:
PAI, Teknologi, Informasi, Literasi, Digital, Millenial, Literacy, Information, TechnologyReferences
Alfinnas, Shulhan. (2018). Arah Baru Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Fikrotuna, Vol. 7, No. 1, Juli 2018.
Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (Alih Bahasa Ahmad Lintang Lazuardi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ernanida dan Rizki Al Yusra. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Murabby, Vol. 2, No. 1, April 2019.
Ibrahim, Mohd. Yusri. (2017). Media Sosial: Instrumen Dakwah Merentasi Sempadan. Prosiding Komunikasi, Religi dan Budaya, Seminar APIK PTM, hal. 3-16. Yogyakarta: Buku Litera.
Indianto, Dimas. (2019). Pendidikan Agama Islam dalam Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PAI UMP Tahun 2019.
Ningtias, Ratih Kusuma. (2017). Modernisasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Islam Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.Jurnal Tadrib, Vol. 3, No. 2, Desember 2017.
Nurdin, Arbain. (2016). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Information and Communication Technology. Jurnal Tadris, Vol.11, No. 1, Juni 2016.
Nuryadin. (2017). Strategi Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Fitrah,Vol.03, No. 1, Juni.
Pulungan, Sahmiar. (2017). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran PAI.Jurnal Query, Vol. 01, No. 01, April 2017.
Rohidin, dkk. (2015). Model Pembelajaran PAI berbasis E-Learning (Studi Kasus di SMAN 13 Jakarta). Jurnal Studi Al Quran, Vol. 11, No 2.
Wahidin, Unang. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Edukasi Islam. Vol. 07, No. 02, September 2018.