عن المجلة
Profesika: Jurnal Profesi dan Etika Keguruan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal ini berfokus pada kajian profesionalisme keguruan, etika pendidikan, pengembangan kompetensi guru, serta isu-isu aktual dalam dunia pendidikan yang berkaitan dengan profesi keguruan.
Fokus dan Cakupan
Profesika menerima artikel hasil penelitian, telaah teoretis, maupun studi kasus yang berkaitan dengan:
-
Profesionalisme guru
-
Etika dan tanggung jawab profesi pendidikan
-
Pendidikan karakter dan nilai
-
Pengembangan kurikulum dan inovasi pembelajaran
-
Pendidikan berbasis budaya dan kearifan lokal
-
Evaluasi dan asesmen dalam pendidikan
Kebijakan Akses Terbuka (Open Access Policy)
Jurnal ini menganut kebijakan akses terbuka. Semua artikel tersedia secara bebas dan permanen dapat diakses oleh siapa saja, dengan tujuan mendukung pertukaran pengetahuan global tanpa hambatan finansial atau legal.
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal ini menyetujui ketentuan bahwa hak cipta tetap dipegang oleh penulis, dan jurnal memiliki hak publikasi pertama dengan karya tersedia secara lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).
Pengungkapan Sponsor
Jurnal ini dikelola secara independen oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru dan tidak menerima sponsor dari pihak ketiga dalam penerbitan artikel.
Pernyataan Privasi
Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan pengelolaan jurnal dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain ataupun dibagikan kepada pihak ketiga.
Pengarsipan
Untuk memastikan pelestarian jangka panjang dari konten jurnal, Profesika telah terintegrasi dalam sistem pengarsipan digital LOCKSS dan CLOCKSS, sehingga menjamin ketersediaan konten meskipun terjadi kerusakan teknis atau administratif.
Sejarah Jurnal
Jurnal Profesika pertama kali diterbitkan pada tahun 2025 sebagai respon terhadap kebutuhan akademik dan profesional dalam pengembangan guru yang unggul, etis, dan berkarakter. Sejak awal penerbitannya, jurnal ini berkomitmen untuk menjadi wadah ilmiah yang berkualitas, terbuka, dan akuntabel.