PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTING SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGMULYO KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.32534/ply.v3i1.3957Kata Kunci:
passing bawah, bola voli mini, permainan berantingAbstrak
Peneiltian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil pembelajaran Passing bawah dengan permainan bola beranting pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal Semester 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar passing bawah bola voli mini melalui permainan bola beranting pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal Semester 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan pada data hasil penelitian dari siklus I dan siklus II, yaitu hasil pretest nilai rata-rata kemampuan passing bawah sebesar 23,81% menjadi 47,62% pada pelaksanaan tindakan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 85,72% pada pelaksanaan tindakan siklus II. Hasil ini menunjukan dengan pendekatan bermain pembelajaran dapat diterima lebih mudah oleh siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode bermain dapat berdampak positif terhadap perkembangan peserta didik dalam menguasai teknik passing bawah dan memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
PLYOMETRIC: Jurnal Pendidikan dan Sains Olahraga are published under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
