UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Authors

  • FNU Supriyono UNNES
  • Tri Nurharsono Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang
  • Hendri Puryantono SMK N 2 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32534/ply.v4i2.5789

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan terkait hasil belajar khususnya aspek ketrampilan passing atas bola voli di kelas X PPLG 1 SMK N 2 Semarang dengan menggunakan metode pembelajaran diferensiasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian sejumlah 36 siswa kelas X SMK N 2 Semarang. Data hasil belajar didapatkan dari hasil guru pengampu mata pelajaran penjasorkes kelas X  dan penilaian yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketrampilan gerak. Hasil keterampilan siswa meningkat dari kegiatan pra siklus dengan nilai rata-rata 67 pada siklus I menjadi 76 pada siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 87. Presentase hasil ketuntasan pada pra siklus sebasar 8% dan meningkat menjadi 36% pada siklus I serta 94% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan pemberian tindakan pada PTK ini telah mencapai indikator keberhasilan

Keywords:

passing atas, pembelajaran berdiferensiasi

Published

2024-07-12