PENGARUH MENTAL TOUGHNESS TERHADAP PRESTASI ATLET TAEKWONDO PADA KEJUARAAN TAEKWONDO TINGKAT JAWA BARAT

Authors

  • Helena Nurfauziyah Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Harun Harun Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Yayan Wardiyanto Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Mental toughness merupakan faktor yang sangat menentukan kesiapan psikologis baik saat berlatih maupun pertandingan. Jika kondisi psikologis atlet baik maka peluang untuk menampilkan yang terbaik juga akan dimiliki. taekwondo merupakan olahraga individu, aspek mental menjadi salah satu faktor yang menentukan performa atlet dibandingkan olahraga beregu. Karena tekanan mental pada saat bertanding satu lawan satu lebih terasa dibandingkan dengan olahraga beregu yang bertanding dengan kerjasama (team work).

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh mental toughness terhadap prestasi atlet taekwondo Pengcab Taekwondo Kabupaten Majalengka dan Kota Cirebon pada kejuaraan taekwondo tingkat Jawa Barat.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 atlet dari 2 pengcab yaitu 13 atlet pengcab taekwondo Kabupaten Majalengka dan 19 atlet Kota Cirebon yang mengikuti kejuaraan ITN Open VI 2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner mental toughness. Kuesioner ini telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai koefisien Cronbach’s Alpha 0,867. Data dianalisis menggunakan descriptive statistics, uji normalitas, uji homogenitas dan uji mann-whitney dengan SPSS versi 20 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara mental toughness atlet taekwondo Kota Cirebon dan Kabupaten Majalengka yang mendapatkan medali dan yang tidak mendapatkan medali di kejuaraan ITN Open VI 2023 dengan nilai 0, 437 (>0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara mental toughness atlet taekwondo Kota Cirebon dan Kabupaten Majalengka yang mendapatkan medali dan yang tidak mendapatkan medali di kejuaraan ITN Open VI 2023

Keywords:

Mental Toughness, Prestasi, Atlet Takwondo

Published

2024-03-30