PENGARUH TERAPI BERMAIN KOSA KATA TERHADAP KOMUNIKASI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA

Authors

  • Desin Desin prodi S1 Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Ito Wardin Program Studi S1-Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Risa Hadi Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/ply.v4i1.5604

Abstract

Prevalensi tunagrahita di Indonesia diperkirakan sekitar 6,6 juta orang. Kementrian pendidikan dan kebudayaan republik di Indonesia juga pada tahun 2009 melaporkan bahwa 4.253 orang siswa tunagrahita yang terdaftar di sekolah luar biasa Indonesia. Sebagian besar komunikasi sosial anak tunagrahita hanya menunjukan kekampuaan bicara kosa katanya terbatas, sehingga menjadi sulit dalam proses berkomunikasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain kosa kata terhadap komunikasi sosial anak tunagrahita di SLBN Cirebon usia 6-12 tahun.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperiment design dengan jenis desain one group pretest–posttest. Pre-experimental design. Tehnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, berjumlah 67 anak tunagrahita. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi komunikasi sosial. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, homogenitas dan paried sample test.untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak dalam penelitian.

Hasil penelitian meunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan setelah dilakukan terapi bermain kosa  kata dengan nilai sig 0,000 < 0,05.

Terapi bermain kosa kata berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata dan  komunikasi sosial anak tunagrahita.

Keywords:

terapi bermain, komunikasi sosial tunagrahita

Published

2024-03-30