PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTING SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGMULYO KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Siswanto Siswanto SD Negeri 2 Karangmulyo Pegandon Kendal

DOI:

https://doi.org/10.32534/ply.v3i1.3957

Abstract

Peneiltian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil pembelajaran Passing bawah  dengan permainan bola beranting pada siswa  kelas V SD Negeri 2 Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal  Semester 2 Tahun  Ajaran  2021/2022. Rumusan  masalah dalam  penelitian ini adalah, Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar passing bawah bola voli mini melalui permainan bola beranting pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karangmulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal Semester 2 Tahun Ajaran 2021/2022.  Berdasarkan pada data hasil penelitian   dari siklus I dan siklus II, yaitu hasil pretest nilai rata-rata kemampuan passing bawah sebesar 23,81% menjadi 47,62%  pada pelaksanaan tindakan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 85,72%  pada pelaksanaan tindakan siklus II. Hasil ini menunjukan dengan pendekatan bermain pembelajaran dapat diterima lebih mudah oleh siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode bermain dapat berdampak positif terhadap perkembangan  peserta didik dalam  menguasai teknik passing bawah dan  memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Keywords:

passing bawah, bola voli mini, permainan beranting

Published

2023-12-21