PENGARUH SENAM TERA TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI DESA SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Agil Putra Tri Kartika Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Asep Novi Taufiq S1 Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Fegi Rosdiyanti S1 Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/ply.v2i1.3476

Abstract

Hipertensi kerap dialami lansia rentan penyakit hipertensi, akibat proses degeneratif yang terjadi. Salah satu terapi nonfarmakologi yang dapat dilakukan lansia adalah aktifitas fisik seperti olahraga senam tera.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh senam tera terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di Desa Suranenggala  Kabupaten Cirebon.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 responden yang terdiri dari 30 responden kelompok eksperimen dan 30 responden kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dengan uji statistik Willcoxon Signed Test dan Mann-Whitney U Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada tekanan darah sistol-diastol sebelum dan sesudah diberikan senam tera pada kelompok eksperimen (p<0,05) dan ada perbedaan yang signifikan pada tekanan darah sistol antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah diberikan senam tera (p<0,05). Disimpulkan bahwa ada pengaruh senam tera terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di Desa Suranenggala Kabupaten Cirebon.

Keywords:

lansia, senam tera, hipertensi

Published

2022-12-19