Hambatan Belajar yang Dialami Oleh Siswa pada Topik Hukum Perbandingan Tetap

Authors

  • Leli Nurlaeli Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.32534/jre.v7i01.524

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan juga keberagaman kemampuan siswa di kelas merupakan tantangan untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif untuk setiap siswa. Oleh karena itu guru harus memiliki kemampuan didaktis yang mampu mengantisipasi respon siswa dengan beragam kemampuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetrahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa pada topik hukum perbandingan tetap. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Laboratorium UPI kelas XI IPA sebanyak 24 orang dan siswa X IPA 1 dan 2 sebanyak 62 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan responden, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Temuan pada penelitian ini adalah secara umum siswa belum paham hokum perbandingan tetap, mereka hanya hapal bunyi dari hokum perbandingan tetap dan masih lemahn dalam hitungan matematis.

Kata Kunci : Hambatan Belajar, Hukum Perbandingan Tetap, Tes Kemampuan Responden,

Downloads

Published

2018-12-20

How to Cite

Nurlaeli, L. (2018). Hambatan Belajar yang Dialami Oleh Siswa pada Topik Hukum Perbandingan Tetap. Jurnal Redox, 7(01), 42–48. https://doi.org/10.32534/jre.v7i01.524