PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.32534/jre.v8i1.1379Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Sumber Tahun 2019 tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media ular tangga pada materi hidrokarbon. Sampel penelitian yaitu 36 peserta didik kelas XI IPA 1 yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas XI IPA 2 yang ditetapkan sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media ular tangga, sedangkan kelas kontrol adalah kelas tanpa bantuan media. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan angket. Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata tes keterampilan pemecahan masalah 79,14 dan kelas kontrol nilai rata rata tes keterampilan pemecahan masalah adalah 73,86. Hasil analisis data keterlaksanaan model pembelajaran Teams games Tournament pada kelas eksperimen lebih baik keterlaksanaannya dengan nilai persentase 83%, sedangkan pada kelas kontrol nilai persentase 70,8%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Teams Games Tournament berbantuan media ular tangga lebih meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Media ular tangga, Keterampilan Pemecahan masalah, Hidrokarbon