KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERDASARKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Siti Nur Fadilah

DOI:

https://doi.org/10.32534/jre.v8i2.1367

Abstract

Media pembelajaran dalam bentuk pop-up book sangat minim di Indonesia sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran pop-up book berdasarkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar dilihat untuk mengukur pengetahuan atau pemahaman materi yang terdapat pada media pop-up book. Berdasarkan analisis jawaban peserta didik maka dapat diketahui bahwa media pop-up book dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran pop-up book pada proses pembelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Berdasarkan hasil analisis presentase ketuntasan belajar peserta didik keefektifan media pop-up book diperoleh presentase sebesar 100% maka media pop-up book tersebut dikatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book efektif digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

 

Kata Kunci : laju reaksi, KKM, kehidupan sehari-hari, kesulitan belajar, dan memecahkan masalah

 

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Fadilah, S. N. (2020). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERDASARKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Redox, 8(2), 11–17. https://doi.org/10.32534/jre.v8i2.1367