PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Authors

  • Siti Tanti

DOI:

https://doi.org/10.32534/jre.v8i2.1366

Abstract

Pembelajaran Kimia di SMA masih berpusat pada guru sehingga mengakibatkan keterampilan proses sains peserta didik masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi ikatan kimia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Jamblang Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dengan hasil uji regresi sederhana sebesar 0,041 dengan kategori sedang Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek pada materi ikatan kimia efektif meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Proses Sains, Ikatan Kimia

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Tanti, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Jurnal Redox, 8(2), 18–23. https://doi.org/10.32534/jre.v8i2.1366