EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA KOKAMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROKARBON

Authors

  • Yuyun Sri Irianti

DOI:

https://doi.org/10.32534/jre.v8i2.1364

Abstract

Telah dilakukan penelitian efektifitas penggunaan model pembelajaran TGT di SMAN 1 Jalaksana pada tahun pelajaran 2018/2019, permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran kimia adalah: masih menggunakan model pembelajaran konvensional, ketertarikan guru dalam memanfaatkan fasilitas dan media saat proses pembelajaran masih kurang sehingga prestasi belajar peserta didik tergolong rendah jika dilihat dari data kriteria ketuntasan minimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan menggunakan media KOKAMI dan peningkatan prestasi belajar kognitif peserta didik pada materi hidrokarbon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan jenis non-equivalen control group design. Subjek penelitian kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes, lembar observasi, dan angket. Analisis data penelitian ini menggunakan uji effect size dan N-Gain. Hasil penelitian efektifitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media KOKAMI diperoleh nilai Effect Size sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Sedangkan peningkatan prestasi belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,79 dan 0,73 dengan kategori tinggi.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Irianti, Y. S. (2020). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA KOKAMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROKARBON. Jurnal Redox, 8(2), 24–36. https://doi.org/10.32534/jre.v8i2.1364