Perwujudan Pendidikan Nilai Melalui Model Resolusi Konflik Berbasis Cartoon Digital
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.8035Abstrak
Pendidikan nilai memiliki peran penting dalam membentuk budaya karakter (character building), mengingat perkembangan anak pada masa kini cenderung kurang memperhatikan nilai-nilai etika, moral, kesantunan, dan ketaatan beragama. Fenomena sosial dalam masyarakat juga kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan tidak aman bagi siapa saja, seperti berbagai kejadian yang berujung pada konflik. Lingkungan yang harmonis dapat memberikan pengaruh positif terhadap pengembangan potensi anak. Peran sekolah sebagai agen perubahan menjadi sangat krusial dalam menanamkan nilai-nilai tersebut sejak dini. Selain itu, pembiasaan nilai dalam kehidupan sehari-hari anak, baik di lingkungan sekolah maupun rumah, menjadi kunci dalam membentuk karakter yang konsisten dan kuat. Sebagai upaya menanamkan nilai-nilai karakter sekaligus merespons tantangan sosial tersebut, diperlukan perwujudan pendidikan nilai yang relevan dengan kondisi anak masa kini, salah satunya melalui Model Resolusi Konflik berbasis Cartoon Digital (PRK-CD). Kegiatan ini dirancang sebagai pendampingan bagi dosen yang mengajar program studi pendidikan agar memahami konsep dan penerapan model PRK-CD secara menyeluruh, baik secara konseptual maupun dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Harapannya, mahasiswa calon guru yang mempelajari model ini dari dosennya dapat mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, PRK-CD berpotensi menjadi alternatif pendekatan pendidikan nilai yang kontekstual, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan karakter peserta didik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yona Wahyuningsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.