Penerapan Media Tangram Pada Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IV SDN 13 Sitiung

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.7686

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 13 Sitiung. Hal ini disebabkan karena peserta didik menganggap matematika pelajaran yang sulit, dalam proses pembelajaran matematika kurang menggunakan media untuk menyalurkan pesan serta mempermudah pemahaman konsep dan daya ingat kepada peserta didik sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Disisi lain ada kecenderungan bahwa peserta didik cukup pasif, kemauan peserta didik untuk bertanya dan semangat belajar yang rendah ketika mengikuti proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik tidak memahami materi yang mengakibatkan hasil belajar yang rendah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui media tangram pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 13 Sitiung Tahun Pelajaran 2024/2025 pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), jenis penelitian yang dilakukan oeh guru didalam kelasnya sendiri untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pengajaran. Dengan subjek sebanyak 20 peserta didik Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I 55% kemudian mengalami peningkatan sebesar 40% karena pada siklus II meningkat mencapai 95% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 13 Sitiung Tahun Pelajaran 2024/2025

 Kata kunci: Hasil Belajar, Tangram, matematika, PTK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 13 Sitiung. Hal ini disebabkan karena peserta didik menganggap matematika pelajaran yang sulit, dalam proses pembelajaran matematika kurang menggunakan media untuk menyalurkan pesan serta mempermudah pemahaman konsep dan daya ingat kepada peserta didik sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Disisi lain ada kecenderungan bahwa peserta didik cukup pasif, kemauan peserta didik untuk bertanya dan semangat belajar yang rendah ketika mengikuti proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik tidak memahami materi yang mengakibatkan hasil belajar yang rendah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui media tangram pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 13 Sitiung Tahun Pelajaran 2024/2025 pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), jenis penelitian yang dilakukan oeh guru didalam kelasnya sendiri untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pengajaran. Dengan subjek sebanyak 20 peserta didik Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I 55% kemudian mengalami peningkatan sebesar 40% karena pada siklus II meningkat mencapai 95% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 13 Sitiung Tahun Pelajaran 2024/2025

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-11

Cara Mengutip

Penerapan Media Tangram Pada Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IV SDN 13 Sitiung. (2025). Jurnal PGSD, 11(2). https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.7686